Hukum Mempercantik Diri Dalam Islam

muslimah olah raga

Assalamu’alaykum. Pak Aam, saat ini saya rutin ikut senam kebugaran dan konsul ke dokter spesialis kulit dengan niat agar   badan tetap langsing dan kulit sehat serta cantik. Belum lama ini  ada seorang teman mengatakan bahwa saya termasuk orang yang riya (suka pamer kecantikan ) dan boros. Benarkah demikian? Apa hukum Islam orang yang mempercantik diri? Mohon penjelasannya. ( MA by email)

 

 

 

Wa’alaykumsalam Wr Wb. Iya Ibu MA dan sahabat-sahabat sekalian yang dirahmati Allah. Begini, secara prinsip, Islam mengajari umatnya untuk mensyukuri segala nikmat yang telah Allah Swt. berikan. Di antara bentuk syukur yaitu menggunakan apa yang Allah berikan untuk kebaikan, misalnya kita diberi nikmat kesehatan, syukuri nikmat-Nya dengan menggunakannya untuk mengerjakan perbuatan-perbuatan yang Allah swt ridoi. Kita diberi harta, wujud syukurnya yaitu berbagi dengan fakir, miskin, dan anak yatim.

 

Bentuk syukur yang kedua yaitu dengan merawatnya. Misalnya, kita diberi kesehatan, syukurilah dengan menjaganya, seperti berolah raga yang rutin, memberikan nutrisi yang cukup, menjaga kebersihan, dll. Kita diberi kemudahan dalam berbisnis, bentuk syukurnya yaitu dengan terus memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan dan tetap menjaga kualitas barang-barang yang dijual.

 

Jadi, ada dua ekspresi syukur; pertama menggunakannya untuk apa yang Allah cintai dan  kedua, merawatnya dengan sungguh-sungguh. Sesungguhnya, Allah Swt. telah menciptakan manusia dalam performa (bentuk penampilan) terbaik. Sebagaimana yang Allah firmankan dalam Al Quran:

 

”Hai manusia, apakah yang telah memperdayakan kamu terhadap Tuhanmu Yang Maha Pemurah. Yang telah menciptakan kamu lalu menyempurnakan kejadianmu dan menjadikanmu seimbang.” (Q.S. Al Infithar 82: 6-7).

promooktober

 

Dalam ayat tersebut Allah Swt. Menegaskan bahwa manusia itu telah diciptakan dengan sempurna. Kesempurnakan itu meliputi fisik dan psikisnya. Dalam hal ini yang harus dipahami adalah kesempurnaan sebagai makhluk ciptaan Allah. Tentu setiap manusia mempunyai bentuk atau rupa fisik termasuk wajah yang berbeda. Namun bukan itu kemudian ada yang beranggapan merasa tidak sempurna.

 

Kesempurnaan tubuh ini wajib kita syukuri dengan cara seperti yang telah dijelaskan tadi, yaitu menggunakannya untuk hal-hal yang dicintai Allah dan merawat dengan sebaik-baiknya termasuk merawatnya.

 

Nah, menurut hemat saya, kalau Anda rajin rutin ikut senam dan konsul ke dokter dengan niat supaya badan Anda sehat dan mulus serta tetap cantik masih dalam kerangka syukur, bahkan kalau Anda sudah punya suami niatnya ingin selalu tampil prima dan indah cantik di depan suami, kegiatan Anda ini bernilai ibadah.

 

Soal Anda disebut suka pamer kecantikan dan boros, maka itu dikembalikan kepada Anda khususnya niat. Begitu juga boros tidaknya, menurut saya itu juga relatif. Jika Anda mampu maka apa salahnya. Beda mungkin jika pengeluaran Anda lebih besar dari pada penghasilan Anda sehingga terjadi defisit. Atau misalnya, untuk perawatan tersebut Anda harus harus utang. Mungkin itu bisa dikatakan boros. Namun jika Anda mampu kemudian suami Anda tidak keberatan dan keuangan rumah tangga atau keluarga tidak terganggu, menurut saya tidak ada masalah.

 

Seseorang tentunya tidak bisa melihat hanya secara lahiriah saja, berdandan atau mempercantik diri kemudian dianggap sebagai sombong dan pamer kecantikan. Berbeda misalnya, jika yang melakukannya seorang gadis, kemudian dia mempercantik diri lalu diposting di media sosial dengan maksud ingin dipuji dan mendapat banyak like serta ingin menggoda lawan jenis. Barangkali hal ini yang bisa disebut pamer tadi. Namun sebaliknya menurut saya tadi, jika Anda melakukannya untuk menyenangkan suami justru insya Allah bernilai ibadah. Wallahu A’lam.

 

 

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

(Visited 2 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment