Tips Memilih Kosmetik Yang Aman

Kosmetik 2a

Bersama: dr Poppy Diah P, SpKK*

 

 

PERCIKANIMAN.ID – – Memilih kosmetik bisa jadi gampang-gampang susah. Gampang dikarenakan banyak tersedia supermarket, minimarket, apotik bahkan tersedia di toko online. Namun menjadi susah jika dikaitkan dengan jenis kulit sehingga cocok dan tidak menimbulkan efek samping. Berikut ini beberapa tips untuk memilih produk yang sesuai dan aman untuk kulit wajah.

 

  1. Pilih produk sesuai jenis kulit, sehingga penting sekali bagi kita untuk mengenali jenis kulit masing-masing.
  2. Pilih produk sesuai dengan masalah yang ada di kulit. Tentunya tidak akan sulit apabila kulit wajah tidak bermasalah, namun ketika kita temukan misalnya adanya jerawat, kulit terlalu kering, ataupun masalah lainnya, kita harus lebih berhati-hati.
  3. Pilih produk retail yang berlabel kandungan bahan, manfaat, kontraindikasi, serta terdaftar di lembaga yang sesuai. Akan lebih baik apabila di kemasan tercantum nomor hotline service yang dapat dihubungi apabila terjadi masalah setelah penggunaan produk.
  4. Jangan pernah percaya hasil instan. Perawatan kulit wajah akan memberikan hasil yang optimal apabila dilakukan secara rutin dan kontinyu. Banyak konsumen tergiur dengan hasil instan yang ditawarkan oleh produsen sehingga mengabaikan unsur keamanannya.
  5. Konsultasikan dengan dokter spesialis kulit. Apabila tidak yakin dengan produk yang akan dibeli, berkonsultasilah dengan dokter spesialis, yang akan memberikan sarap perawatan sesuai dengan kondisi kulit dan masalah yang ditemukan.

 

Selain penggunaan produk perawatan tersebut, penting pula untuk memperhatikan faktor-faktor lain yang akan berpengaruh terhadap kesehatan kulit, seperti:

 

  1. Air dan nutrisi

 

Konsumsi air minimal 8 gelas perhari untuk menjaga kelembaban kulit. Perbanyak makan sayur dan buah agar pencernaan baik dan kulit terjaga kesegarannya.

 

  1. Olah raga teratur

 

Aktivitas fisik teratur seperti olah raga akan menjaga fungsi tubuh berjalan dengan sempurna, otot terjaga kelenturannya sehingga kulit pun terlihat lebih kencang dan tidak layu.

donasi perpustakaan masjid

 

  1. Cukup beristirahat

 

Aktivitas fisik yang terlalu berlebihan dan menyebabkan kurang beristirahat berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Malam hari adalah waktu optimal bagi sel-sel kulit untuk beregenerasi, agar kulit tetap segar dan cerah. Kurang istirahat akan menghambat proses ini dan berakibat kulit terlihat kusam dan lelah.

 

  1. Hidup seimbang

 

Seimbangkan aktivitas fisik dan mental. Bekerja, belajar, diimbangi pula dengan aktivitas sosial dan ibadah akan membuat hati dan pikiran menjadi sehat dan bahagia. Kondisi ini akan terlihat dari wajah yang terlihat pula sehat, segar, cantik, dan bahagia.

 

Tidak sulit ya, menjaga dan merawat kulit wajah sehari-hari agar tetap terlihat sehat dan cantik? Selamat mencoba, salam cantik dan sehat. [ ]

 

*Penulis adalah dokter spesialis kulit, nara sumber Talkshow Kesehatan Kulit Radio Cosmo  101.9 FM Bandung, serta dokter di klinik spesialis kulit AMMARA SAHYA Jl. Pacuan Kuda No 46 Arcamanik Bandung.  Akun Facebook : https://www.facebook.com/poppy.d.puspitosari

 dr.Poppy

 

Sampaikan pertanyaan seputar permasalahan kesehatan kulit Anda ke:  [email protected] , dokter Poppy & tim klinik spesialis kulit AMMARA SAHYA akan membahasnya dalam rubrik “ Cantik & Sehat”

 Klinik Sammara Sahya 1a

 

Editor: iman

Ilustrasi foto: percik

 

 

 

 

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment