Tips Menjadi Manusia Baru

PERCIKANIMAN.ID – – Barangkali tidaklah berlebihan jika menjaga keistiqomahan adalah sesuatu yang berat dan sulit. Namun jika mempunyai tekad yang kuat maka hal demikian tidaklah sulit. Setiap hari selalu ada perubahan baik yang positif maupun negatif namun sebagai orang yang beriman maka perubahan tersebut harus ke arah kebaikan. Untuk itu diperlukan semangat memperbaharui diri dengan tetap menjaga semangat.

 

Menjadi pribadi yang baru secara terus menerus bukanlah sebuah kemustahilan yang tidak mungkin terjadi. Hanya diperlukan beberapa elemen pendukung yang akan menjaga stabilitas jiwa dan spiritualitas kita. beberapa elemen tersebut antara lain:

 

  • Sekarang dan saat ini

 

Tetapkanlah sebuah tekad untuk mulai mengubah diri Anda menjadi lebih baik sejak sekarang. Jangan sekalipun menghiraukan keinginan untuk menunda sesuatu yang seharusnya dilakukan hari ini karena itu akan mempersulit Anda memulai.  Mempersepsikan bahwa sekaranglah saat-saat terakhir bagi Anda untuk berbuat baik –sebelum ajal menjemput– adalah salah satu pemacu semangat yang efektif.  Camkan!

 

  • Penetapan target atau tujuan

 

Sangat diperlukan ketika kita sampai pada suatu titik di mana kita mempertanyakan akan kemana sebenarnya langkah yang telah kita ambil sejauh ini. Penetapan target/tujuan menjadi sebuah pemandu yang akan mengarahkan apabila beberapa langkah yang kita ambil melenceng. Tujuan yang dirasa sangat besar dan memerlukan waktu yang lama dalam pencapaiannya memerlukan penetapan beberapa anak tujuan —tujuan yang mendukung keberhasilan pencapaian tujuan utama. Tetapkan pula waktu yang Anda berikan untuk diri Anda sendiri berubah. Ini akan menjadi barometer keberhasilan perubhan diri yang Anda kehendaki.

 

  • Semangat yang kuat

 

Semangat atau niat belum cukup kuat sampai Anda menemukan beberapa ujian dan Anda tetap bersiteguh padan niat semula. Jangan ragu untuk memebenturkan idealisme Anda dengan realitas yang ada di sekeliling. Semakin banyak daftar benturan yang menerpa, seteguh itulah niat yang ada dalam diri Anda. Selamat!

promooktober

 

  • Inovasi

 

Ini diperlukan untuk menyiasati fluktuasi semangat atau motivasi di tengah Anda melangkah menapaki satu demi satu anak tangga menuju tujuan, berubah menjadi lebih baik. Inovasi di sini dapat berupa mencoba beberapa jalur alternatif selain jalur utama menuju tujuan selain yang telah Anda tetapkan. Inovasi dapat Anda lakukan pula pada alat atau media pendukung pencapaian tujuan.

  • Evaluasi

 

Adalah suatu cara untuk mengetahui sampai sejauh mana keberhasilan yang telah Anda capai. Lebih sering Anda melakukan evaluasi, akan semakin jelas pula gambaran keberhasilan dan kegagalan yang telah dan akan Anda lakukan. Tidak menjadi soal apabila beberapa target masih jauh tercapai. Yang perlu Anda lakukan hanyalah melipatgandakan kinerja untuk mengejar ketertinggalan tersebut.

 

  • Tawakal

 

Atas namakan semua yang Anda lakukan hanya kerena Allah. Ini sangat membantu untuk meredam sombong yang mungkin muncul ketika keberhasilan ada di tangan.   Hal ini juga diperlukan untuk menghindari putus asa serta frustasi ketika kegagalan atau pencapaian target belum sesuai dengan apa yang Anda kehendaki. Jika segala urusan diatasnamakan selain Dia, bersiap-siaplah Anda menemui bermacam tuntutan yang berbeda dari beragam karakter di sekitar. Anda mampu menghadapinya?

 

Menjadi tua lalu tiada adalah sebuah keniscayaan namun menjadi lebih baik dan produktif dengan amal shalih adalah sebuah pilihan. Perbaharui selalu semangat dan motivasi kita setiap hari agar menjadi manusia-manusia yang beruntung baik di dunia maupun kelak di akhirat.[ ]

 

Red: sly

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

 

(Visited 7 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment