Mengatasi Kulit Kering Sebab Cuaca Dingin

Oleh: dr.Poppy Diah P, SpKK*

 

Assalamu’alaykum, dok saya usia 25 tahun memiliki jenis kulit kering. Apabila  di daerah yang cuacanya dingin kulit saya makin parah, mengelupas khususnya di bagian T-zone, kadang sampai berdarah. Padahal tidak saya apa-apain, wajah saya juga kusam karena memang tidak pernah melakukan perawatan sejak punya anak. Ada treatmen khusus dok?. Mohon sarannya dan terima kasih (Nisarachmayanti )

 

 

Wa’alaykumsalam wr wb. Ibu Nisa dan sahabat cantik sekalian. Perlu diketahui

kulit yang kering berlebihan dapat diatasi dengan rajin mengoleskan pelembab yang sesuai. Apabila sampai berdarah rasanya memang kering yang dialami cukup berat. Cobalah cari produk pelembab wajah untuk kulit kering dan aplikasikan sedikitnya 3 x perhari.

 

Selain itu Anda juga perlu menghindari mencuci wajah terlalu sering, dan jangan lupa gunakan tabir surya sbg pelindung dari sinar matahari. Berikutnya untuk mencegah kulit kusam, Anda bisa menggunakan krim malam yang berisi bahan aktif untuk mengangkat kulit mati.

 

Untuk perawatan setelah melahirkan atau punya anak, Anda dapat pula melakukan perawatan ekstra misalnya dengan penggunaan masker tertentu. Untuk lebih jelasnya sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter spesialis kulit agar dokter dapat memeriksa, menganalisis dan memberikan saran yang lebih tepat. Semoga bermanfaat, salam cantik dan sehat. [ ]

 

*Penulis adalah dokter spesialis kulit, nara sumber Talkshow Kesehatan Kulit Radio Cosmo  101.9 FM Bandung, serta dokter di klinik spesialis kulit AMMARA SAHYA Jl. Pacuan Kuda No 46 Arcamanik Bandung.  Akun Facebook : https://www.facebook.com/poppy.d.puspitosari

 

dr.Poppy

Sampaikan pertanyaan seputar permasalahan kesehatan kulit Anda ke:  [email protected] , dokter Poppy & tim klinik spesialis kulit AMMARA SAHYA akan membahasnya dalam rubrik “ Cantik & Sehat”

 Klinik Sammara Sahya 1a

 

Editor: iman

 

Ilustrasi foto: pixabay

REKOMENDASI

Leave a Comment