Inspirasi Hijab Syari Sesuai Perintah Al Quran

jilbab hijab

PERCIKANIMAN.ID – – Salah satu ciri muslimah yang taat dan shalihah ada ia menutup aurtanya dengan sempurna atau minimal  berhijab dengan menutup rambut kepalanya. Seiring dengan meningkatnya kesadaran kaum muslimah untuk menurutup aurat maka jumlah wanita berhijab kian hari semakin bertambah. Semua itu tak lepas dari hidayah dari Allah Swt yang datang  juga inspirasi dari idola atau publik figur yang telah menutup auratnya.

Inspirasi berhijab pun semakin kaya dengan munculnya model-model hijab yang fashionable. Mulai dari hijab Turki, hijab lilit, dan hijab office style. Semua itu mendorong wanita muslim ingin berhijab namun tetap stylish.

Di tengah banyaknya model dan tutorial hijab yang dipamerkan, muncul beragam tutorial video membuat model hijab kemudian diikuti banyak orang. Namun, sudah selayaknya sahabat muslim lebih selektif memilih model hijab. Pilihlah model hijab yang sesuai dengan syariat Islam. Sebab boleh jadi niat berhijab sebagai bukti ketaatan justru malah melanggar ketentuan.

Tutorial hijab yang benar sesuai syariat sudah dimuat dalam Alquran. Di beberapa ayat dijelaskan cara memakai hijau sesuai yang diperintahkan Allah SWT untuk seluruh wanita muslimah. Berikut petikan ayat sekaligus tutorialnya.

 

  1. Jilbab yang menutup seluruh tubuh

Bagian sebagian muslimah atau muslimah pemula yang sedang belajar mengenakan hijab atau jilbab baru sekedar menutupi rambut kepalanya saja. Ini tentu harus dihargai dan diapresiasi namun akan lebih sempurna jika hijab atau jilbab tersebut juga harus menutup seluruh badan minimal dadanya. Hal ini seperti di jelaskan dalam Surat Al Ahzab ayat 59,

donasi perpustakaan masjid

Hai, Nabi! Katakan kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin, “Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Hal itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali dan supaya tidak diganggu. Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang .”

 

  1. Tidak berhias yang berlebihan

Behijab atau memakai jilbab bukan berarti tidak boleh tampil cantik sebab tampil cantik adalah sunnah dari wanita itu sendiri. Namun demikian jangan sampai jilbab atau hijabnya dibalut dengan hiasan yang mencolok dengan berbagai asesoris lainnya. Tentu saja tetap boleh berhias namun tidak boleh berlebihan, seperti yang diingatkan Allah Swt dalam Surat Al Ahzab ayat 33,

 

Hendaklah kamu tetap di rumahmu, janganlah berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliah dahulu, laksanakanlah salat, tunaikanlah zakat, dan taatilah Allah dan Rasul-Nya.”

 

  1. Tidak menampakkan perhiasan yang mencolok

Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalihah. Wanita dan perhiasan sepertinya tidak dapat dipisahkan. Namun tentu saja wanita yang berjilbab tidak menampakkan perhiasannya secara berlebihan sehingga terkesan pamer. Hal ini seperti yang dipesankan Allah Swt dalam Surat An Nur ayat 31,

 

Katakan kepada para perempuan beriman agar mereka menjaga pandangan¬nya dan memelihara kemaluannya. Janganlah menampakkan auratnya, kecuali yang biasa terlihat. Hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya dan janganlah menampakkan auratnya, kecuali kepada suami mereka, ayah mereka, ayah suami mereka, putra-putra mereka, putra-putra suami mereka, saudara-saudara laki-laki mereka, putra-putra saudara laki-laki mereka, putra-putra saudara perempuan mereka, para perempuan sesama Is¬am, hamba sahaya yang mereka miliki, para pelayan laki-laki tua yang tidak mempunyai keinginan terhadap perempuan, atau anak-anak yang belum mengerti aurat perempuan. Janganlah mereka meng¬entakkan kakinya agar orang-orang mengetahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Hai, orang-orang beriman! Bertobatlah kepada Allah agar kamu beruntung”.

 

Demikian beberapa kententuan dalam berhijab atau mengenakan jilbab bagi seorang muslimah. Mungkin saat ini ada diantara kita yang belum sempurna menutup jilbabnya itu tidak menjadi mengapa, mungkin sedang belajar. Namun tentu saja seiring dengan waktu dan bertambahnya pengetahuan maka diharapkan kedepannya dapat berjilbab dengan sempurna. [ ]

 

BACA JUGA: Hukum Jilbab Bagi Wanita Menopuse

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

REKOMENDASI

Leave a Comment