Hukum Istri Meminta Cerai Tanpa Sebab

cerai

Assalamu’alaykum Pak Aam, saya mau menanyakan, kalau seorang istri sering meminta cerai pada suami tiap kali ada masalah, itu apa hukumnya?. Bolehkah meminta cerai karena bosan? Mohon penjelasannya. (Wira via email)

 

Wa’alaykumsalam Wr Wb. Iya Ibu Wira dan sahabat-sahabat sekalian yang dirahmati Allah . Begini, sekiranya meminta cerai itu ada alasan, misalnya si suami kasar, sering memukul atau menempeleng, kasar dengan perkataan, atau si suami tidak memberi nafkah padahal berkemampuan untuk mencari nafkah, lalu jika istrinya minta cerai maka itu diperbolehkan. Didalam buku nikah pun semuanya sudah tertera, tentang hal-hal yang berkaitan dengan perceraian. Jadi seorang istri boleh meminta cerai asal ada alasan yang jelas.

Akan tetapi ada hadist Nabi yang begitu tegas mengatakan, “tidak akan masuk surga wanita yang meminta cerai kepada suaminya tanpa alasan.” Jadi kalau ada istri yang meminta cerai hanya karena alasan bosan, padahal suaminya sudah bertanggungjawab dengan memberi nafkah dan memperlakukannya dengan baik, maka ini tidak boleh. Yang namanya manusia itu tidak ada yang sempurna. Suami maupun istri pasti ada kurangnya, yang terpenting kewajiban masing-masing terlaksana.

Kalau istri meminta cerai memang karena didzalimi oleh suami maka itu boleh. Tapi kalau hanya cekcok biasa lalu meminta cerai, inilah yang dikatakan oleh nabi, “tidak akan pernah mencium baunya surga.” Kalau tanpa alasan yang jelas atau tanpa alasan syari maka meminta cerai hukumnya haram atau tidak boleh.

Lalu ada lagi yang bertanya, bolehkah meminta cerai pada suami yang melakukan poligami? Tentu tidak boleh menjadi alasan hanya karena suami poligami lalu istri minta cerai. Suami melakukan poligami bukan alasan syari bagi istri untuk minta cerai. Ini perlu dicatat baik-baik, kecuali jika suami berpoligami lantas ia  berbuat tidak adil atau dzalim maka istri boleh minta cerai atas ketidakadilan suami atau perlakuan buruk suami. Kalau suami berpoligami dan ia bisa adil maka istri tidak boleh menggugat cerai. Tapi jika suami mendzalimi dengan berbuat tidak adil maka istri boleh meminta cerai. Jadi sekali lagi suami berpoligami tidak bisa menjadi alasan istri untuk meminta cerai.

promooktober

Demikian juga jika dalam rumah tangga hanya berbeda pemikiran antara suami dan istri itu wajar, karena kita tidak menikah dengan orang yang sama. Kenapa? Karena orang tua suami dan istri pasti tidak sama cara mendidiknya. Jangankan mertua dan orang tua, anak-anak kita pun masing-masing pasti berbeda tabiat nya padahal lahir dari orang tua yang sama. Jadi kita harus sabar jika pasangan kita berbeda dengan kita.

Perbedaan itu sebenarnya cara untuk menajamkan kedekatan kita dengan pasangan. Jadi kalau meminta cerai karena dipoligami itu haram hukumnya karena poligami sendiri ada ayatnya dalam Al-Qur’an. Tapi jika suami Anda ketika poligami berlaku dzalim dan tidak adil maka itu boleh. Jadi istri meminta cerai pada suami itu boleh asal ada alasan syar’i.

Terkait dengan rumah tangga berikut problematika dan cara menyelesaikannya, Anda dan sahabat-sahabat sekalian dapat membaca buku saya yang berjudul “Insya Allah Sakinah” atau bisa juga ” Membingkai Surga Dalam Rumah Tangga. Didalamnya ada pembahasan yang insya Allah menjadi solusi berikut dalilnya. Wallahu’alam bishawab. [ ]

Buku Membingkai Surga Dalam Rumah Tangga

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

REKOMENDASI

Leave a Comment