Manfaat Konsumsi Ikan Saat Hamil Dapat Lindungi Bayi dari Asma

kehamilan

PERCIKANIMAN.ID – – Bagi wanita atau ibu yang tengah hamil sangat dianjurkan untuk memperhatikan asupan gizi. Pasalnya selain untuk dirinya, makanan yang dikonsumsi sang ibu juga untuk sang buah hati yang tengah dikandungnya. Salah satu makanan yang harus dikonsusmi bagi ibu hami adalah ikan.

Manfaatnya adalah ibu yang mengonsumsi ikan selama kehamilan dapat melindungi bayi dari penyakit asma. Efek positif dari makan ikan secara alami disebut sama dengan  efek yang didapat dari mengkonsummsi suplemen minyak ikan.

Dalam daging ikan terdapat asam lemak esensial. Sebagaimana diketahui manfaat asam lemak esensial yang terpadat pada ikan terutama dibutuhkan sejak masa kehamilan trimester ketiga.

“Mengkonsumsi 8-12 ons (2-3 porsi) ikan dengan kadar merkuri rendah dalam seminggu tidak hanya dapat mencapai perlindungan asma yang sama (dengan suplemen), namun juga memperkuat manfaat nutrisi bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi,” kata Richard Lockey, Profesor di University of South Florida di AS, dikutip Indian Express,Kamis (1/11/2017).

 

BACA JUGA: Cara Membayar Fidyah Bagi Ibu Hamil

promooktober

 

Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Allergy and Clinical Immunology: In Practice, dilakukan pada tiga kelompok wanita di trimester ketiga mereka.

“Asam lemak omega-3 tidak dapat disintesis oleh manusia dan oleh karena itu merupakan nutrisi penting yang didapatkan secara eksklusif dari sumber laut,” kata iChen Hsing Lin dari University of South Florida.

Namun seperti dituturkan dalam laman healtymom, bagi ibu yang mungkin kurang suka mengkonsumsi ikan secara utuh, dapat diakali dengan beberapa resep yang mengandung ikan. Baso ikan atau beberapa cemilan sehat berbahan dasar ikan dianggap masih sangat baik bagi ibu hamil. [ ]

 

BACA JUGA: Manfaat Sujud Bagi Ibu Hamil

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

REKOMENDASI

Leave a Comment