Apa yang Dimaksud dengan Istiqomah?

Shalat

Assalamu’alaykum Pak Ustadz Aam, saya mau bertanya, apa yang dimaksud dengan istiqomah? (Eva via email)

 

 

 
Istiqomah itu artinya teguh pendirian, kukuh pendirian, dan konsisten. Istiqomah itu sesuatu yang dilakukan secara rutin, terus menerus. Contohnya, anda setiap sehabis shalat subuh membaca lima ayat Al-Qur’an, walau sesibuk apapun. Nah kalau anda sudah rutin melakukannya sesibuk apapun waktu yang anda punya, maka itu yang disebut dengan istiqomah.

Jadi istiqomah itu, kita melakukan sesuatu secara konsisten. Dan istiqomah memang salah satu amalan yang sulit. Shalat tahajud hanya sesekali masih terbilang mudah, yang sulit adalah melakukannya secara rutin. Maka dalam Al-Qur’an dikatakan: “Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan Allah adalah tuhan kami, kemudian mereka istiqomah.

Kalau kita meyakini ajaran Islam, kemudian kita mengamalkannya secara istiqomah, nanti malaikat akan turun menyambut ruh kita. Dalam tafsir Ibnu Katsir dikatakan, ayat ini berbicara ketika sakaratul maut, orang-orang yang istiqomah itu ruh nya disambut oleh malaikat. Apa kata malaikat? Malaikat mengatakan, “jangan takut, jangan khawatir, dan jangan bersedih, bergembiralah dengan surga yang Allah siapkan untukmu.” Kenapa diberi sambutan begitu lembut dan hebat? Karena memang istiqomah itu tidak mudah.

Ketika kita melakukan suatu ibadah, kita akan sulit menjaga keberlangsungan atau konsistensinya. Bahkan ketika orang itu sudah istiqomah, dalam surat Ali Imran, Allah berfirman, “Siapa yang istiqomah, sungguh ia telah diberi hidayah yang lurus.” Jadi memang apa yang ditanyakan saudari kita ini singkat, namun timbul pertanyaan berikutnya yaitu, bagaimana agar kita istiqomah?

promooktober

Pertama, kita harus terus menambah ilmu dengan rutin belajar agama. Kalau tidak sempat pergi ke majelis taklim, kita bisa mendengarkan radio sambil melakukan aktivitas lainnya. Ini adalah upaya agar kita istiqomah, paling tidak ada yang menjadi penguat ketika semangat kita sedang turun. Karena agar semangat, kita butuh motivasi atau penguat ketika kita sedang diuji. Untuk istiqomah juga butuh kesabaran maka butuh dikuatkan dengan ilmu. Ilmu ini yang akan membuat kita menjadi lebih konsisten.

Kedua, kita harus mencari lingkungan yang kondusif. Kalau anda ingin istiqomah mengkaji agama, maka harus bergaul dengan orang yang suka mengkaji. Sehingga jika suatu saat anda tidak ngaji, teman-teman anda akan menanyakan anda kemana. Jadi jangan lupa untuk istiqomah itu butuh teman. Yang ketiga, namanya istiqomah itu harus ada perjuangan dari diri kita sendiri untuk melawan kemalasan dan nafsu buruk.

Allah berfirman, “Adapun orang yang takut pada tuhannya dan suka mengendalikan nafsu buruknya, maka surgalah tempat kembalinya”. Yang keempat, cara istiqomah itu tentu saja memohon pada Allah dengan do’a yang ada pada surat Ali Imran ayat 8, “Ya Allah, jangan kau palingkan hati kami, setelah engkau memberikan hidayah kepada kami.” Artinya, kita minta pada Allah agar diberi jiwa istiqomah, konsistensi, dan kekuatan untuk teguh dalam pendirian kita. Itulah yang harus kita perhatikan ketika kita ingin istiqomah. Wallahu’alam bishawab.

Editor : Candra

* Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected] atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

 

BACA JUGA : Kiat Memiliki Keimanan yang Kokoh

(Visited 8 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment