Tips Perawatan Wajah Sehar-hari Di Rumah

Bersama: dr. Poppy Diah P, SpKK*

 

PERCIKANIMAN.ID – – Kulit merupakan organ tubuh terluas dan paling terlihat. Sebagai organ tubuh terluar yang terlihat langsung, kulit memiliki peranan yang amat penting dalam mengekspresikan kesehatan seseorang. Tak jarang, kondisi kesehatan seseorang yang kurang baik terlihat dari kulit yang juga tampak kurang sehat.

Kulit juga memiliki berbagai fungsi penting seperti fungsi perlindungan, penyerapan, ekskresi, persepsi rasa, pengaturan suhu tubuh, pembentukan pigmen, pembentukan vitamin D, dan fungsi estetik. Dengan berbagai fungsi penting ini, maka kulit memerlukan perawatan sehari-hari agar tetap sehat dan terlihat lebih cantik. Kulit wajah adalah area yang selalu terlihat dan menjadi fokus dalam keseharian sehingga menjadi menjadi fokus perhatian utama kita pula tatkala melakukan perawatan.

 

Faktor-faktor apa yang memengaruhi kesehatan kulit?

 

Sebelum mengetahui bagaimana merawat kulit wajah sehari-hari, kita perlu pula mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat memengaruhi kesehatan kulit seseorang. Hal ini penting diketahui agar kita bisa menjaga kulit.

kalender percikan iman 2018
  1. Faktor intrinsik seperti genetik, penyakit sistemik, dan faktor hormonal.
  2. Faktor ekstrinsik seperti polusi, nutrisi, pajanan sinar matahari, tembakau dan alkohol.

 

Perawatan dasar apa saja yang diperlukan kulit wajah?

Beberapa perawatan dasar yang diperlukan kulit wajah yaitu:

  1. Pembersih

Pembersih wajah berfungsi membersihkan kulit wajah dari debu, kotoran, minyak dan keringat, sisa-sisa kosmetik, serta sel-sel kulit mati. Pilih pembersih dengan pH mendekati pH kulit antara 4-6,5 dan disesuaikan dengan jenis kulit. Di pasaran, terdapat berbagai jenis pembersih wajah seperti sabun, susu pembersih berikut tonernya, serta pembersih wajah lain yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Membersihkan wajah harus dilakukan rutin setiap hari, cukup 2 kali per hari, umumnya pada malam hari sebelum tidur dan pagi hari sebelum beraktivitas. Terkadang wajah perlu dibersihkan ekstra terutama setelah penggunaan riasan wajah atau setelah aktivitas berlebihan yang menyebabkan kulit wajah lebih cepat kotor. Mencuci wajah terlalu sering akan menyebabkan kulit kehilangan kelembaban alami dan menjadi kering serta kusam.

 

  1. Pelembab

Pada dasarnya kulit memiliki kelembaban alami sendiri, namun seiring bertambah usia dan faktor ekstrinsik yang menyebabkan gangguan kelembaban alami tersebut, kulit memerlukan pelembab tambahan dari luar. Fungsi pelembab ini adalah melapisi dan melindungi kulit, menjaga kandungan air yang ada di kulit agar tidak mudah menguap, mencegah kekeringan dan kerusakan kulit akibat faktor luar, penuaan, serta menjaga kulit agar tetap indah dan bersinar. Berbagai sediaan yang ada di untuk produk pelembab ini misalnya dalam bentuk krim, losion, maupun gel yang pemilihannya dapat disesuaikan dengan jenis kulit dan keperluan.

Klinik Sammara Sahya 1a

  1. Tabir surya

Kulit memerlukan tabir surya untuk perlindungan terhadap efek buruk sinar matahari seperti kulit terbakar dan iritasi, penuaan dini yang menimbulkan kerutan serta hiperpigmentasi, hingga terjadinya tumor kulit baik jinak maupun ganas. Selain penggunaan tabir surya, kulit dapat dilindungi pula dengan penggunaan kacamata hitam, payung, maupun topi. Penggunaan tabir surya idealnya dilakukan minimal 30 menit sebelum beraktivitas agar memberikan perlindungan optimal. Umumnya produk tabir surya yang tersedia di pasaran memiliki perlindungan baik terhadap UVA yang terlihat dari label PA, serta UVB yang dinilai dengan label SPF. Tabir surya sebaiknya mampu memberikan proteksi terhadap kedua sinar tersebut.

 

Penggunaan pembersih wajah, pelembab, dan tabir surya sudah cukup mampu menjaga kulit wajah agar tetap sehat dan cantik. Ketiga produk dasar tersebut wajib dimiliki dan diaplikasikan untuk perawatan kulit wajah sehari-hari, terutama apabila kulit dalam keadaan tidak bermasalah. Produk tambahan lain terkadang diperlukan terutama apabila kulit memiliki masalah tertentu. Semoga bermanfaat, salam cantik dan sehat. [ ]

 

*Penulis adalah dokter spesialis kulit, nara sumber Talkshow Kesehatan Kulit Radio Cosmo  101.9 FM Bandung, serta dokter di klinik spesialis kulit AMMARA SAHYA Jl. Pacuan Kuda No 46 Arcamanik Bandung.  Akun Facebook : https://www.facebook.com/poppy.d.puspitosari

 dr.Poppy

Sampaikan pertanyaan seputar permasalahan kesehatan kulit Anda ke:  [email protected] , dokter Poppy & tim klinik spesialis kulit AMMARA SAHYA akan membahasnya dalam rubrik “ Cantik & Sehat”

 

BACA JUGA: Tips Mengatasi Kulit Kehitaman Akibat Alergi

 

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment