Puasa Di Negara Dengan 4 Muslim

Assalamu’alaykum.     Pak Aam, saya tinggal di Kanada untuk beberapa tahun kedepan. Disini, Ramadhan tahun ini bertepatan dengan musim panas, yang waktu subuhnya jam 03.00 dan waktu maghrib jam 22.30 atau hampir 20 jam puasa. Bagaimana puasa saya apabila saya tidak kuat dan bagaimana saya mengajari anak saya yang berumur 10 tahun? Karena waktu di Indonesia, anak saya sudah bisa puasa penuh sampai maghrib. Mohon penjelasannya. (Rosalina by email)

 

 

 

Wa’alaykumsalam Wr Wb. Iya Ibu Rosalina dan sahabat-sahabat  sekalian, saya bisa mengerti bagaimana beratnya shaum atau puasa disana saat musim panas karena waktunya yang sangat panjang. Tentu saja yang namanya puasa itu adalah menahan diri dari makan, minum, dan berhubungan intim, dari terbit fajar yang berbarengan dengan adzan subuh, sampai terbenamnya matahari yaitu ketika adzan maghrib. Itulah definisi shaum.

Bagi kita yang tinggal di daerah tropis haruslah banyak bersyukur. Negeri kita ini benar-benar surga, karena berada di garis khatulistiwa dimana musimnya antara satu tempat ke tempat lain hanya berbeda 1 dan 2 jam dan lamanya puasa normal hanya berkisar 12 jam.

Bandingkan dengan saudara kita yang tinggal di belahan bumi lain. Bagaimana caranya mendidik anak-anak? Kalau anak itu sudah terbiasa puasa, biarkan ia puasa seperti di Indonesia, yaitu selama 12 jam. Kalau anak itu masih kuat, maka tambah lagi. Tapi kalau si anak kelelahan maka jangan dipaksakan.

Bagaimana dengan orang dewasa? Islam bukan agama yang menjerumuskan manusia. Bagi kita yang dewasa, sekiranya memang tidak kuat, tentu ia bisa berbuka dan menggantinya di hari lain, di musim yang lebih cocok dengan kita untuk melakukan puasa. Cari musim yang sekiranya kita mampu untuk melakukan puasa. Jangan sampai memaksakan berpuasa diwaktu yang lama apalagi sampai jatuh sakit. Sebab ada ayat yang mengatakan,

Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.”   (QS.Al Baqarah: 195)

Dalam ayat tersebut ada kalimat “ janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan” artinya kita dilarang melakukan hal termasuk ibadah sekiranya itu dapat mencelakai atau mendatangkan madharat yang lebih besar. Termasuk ibadah puasa seperti dalam kasus Anda tersebut dimana biasanya puasanya hanya sekira 12 jam  tetapi ditempat yang baru Anda harus puasa sekira 20 jam. Tentu secara fisik Anda mungkin belum siap karena belum terbiasa. Lain halnya jika sudah terbiasa atau terlatih, mungkin tidak menjadi masalah.

Jadi menurut hemat saya Anda boleh tidak puasa atau mendapat keringanan (ru’shah) sekira secara fisik tidak sanggup atau tidak kuat berpuasa. Namun tetap harus menggantinya di luar waktu Ramadhan. Wallahu’alam. [ ]

BACA JUGA: Batas Waktu Qadha Puasa Ramadhan

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected]  atau melalui i Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

 

(Visited 504 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment