Adakah Doa Khusus Agar Lulus Ujian?

berdoa khusyuk

Pak Aam, adakah bacaan atau do’a khusus dari Al-Qur’an agar sukses menempuh ujian sekolah atau ujian perguruan tinggi? (Saiful via email)

 

Baik Saiful, satu hal yang terpenting ketika akan ujian adalah belajar dengan sungguh-sungguh, lalu berdo’alah apapun yang ingin kita minta pada Allah tiap habis sholat, seperti, “Ya Allah beri saya kemudahan, kelancaran, dan keberkahan, bukakan pikiran saya, beri saya ketenangan untuk mengisi soal-soal ujian, aamiin ya rabbal’alamin.” Itu juga sudah cukup. Jadi tidak perlu mengamalkan amalan-amalan tertentu.

Tidak ada do’a khusus untuk lulus ujian atau lulus perguruan tinggi idaman. Minta saja apapun pada Allah dengan menggunakan bahasa yang kita mengerti. Paling yang boleh diperhatikan, ada waktu-waktu terbaik untuk berdo’a. Ada yang bertanya pada Nabi, “Ya Rasulullah, kapan do’a yang paling bagus? Kata Nabi, di setiap akhir shalat yang lima waktu.”

Setelah kita wirid, silahkan isi dengan do’a. Jangan lupa jika kita berdo’a, awali dengan asmaul husna, seperti yang dijelaskan dalam surat Al-Araf ayat 180, “Allah itu punya asmaul husna, maka berdo’alah diawali dengan asmaul husna.” Jadi awali dengan asmaul husna yang kita hafal.

Selain itu, waktu terbaik untuk berdo’a adalah ketika sholat malam yaitu tahajud. Allah berfirman, “Siapa yang berdo’a padaku akan aku kabulkan, siapa yang minta kepadaku, akan ku beri.” Nah itu Nabi mengatakannya di sepertiga akhir malam. Lalu do’a yang paling bagus adalah ketika kita sedang berpuasa, kata Nabi, “Ada orang yang do’anya mustajab, yaitu do’a orang yang sedang berpuasa hingga berbuka, do’a orang yang sedang safar, dan do’a orang tua.”

promo oktober

Kita sebagai orang tua, semarah apapun pada anak, bicara kita harus bagus dan mengandung kebaikan. Walau anak kita membuat kita lelah dan pusing, janganlah lantas kita mengeluarkan kata-kata laknat yang mengandung unsur keburukan. Makanya kalau orang tua bicara itu harus yang positif, jangan yang negatif. Takutnya ketika kita berbicara hal yang buruk bisa menggetarkan ‘arsy dan terwujud apa yang kita sebutkan.

Jadi, ada waktu-waktu terbaik, ada saat dimana kita ini dianjurkan banyak berdo’a. Paling itu yang harus diperhatikan. Nah kalau ingin lebih detail tentang do’a ini, saudara-saudara sekalian bisa baca buku yang sudah saya tulis, judulnya “Do’a Orang-orang Sukses”.

Di situ ada pengantar, bagaimana cara berdo’a yang bagus dan bagaimana cara berdo’a yang berpeluang untuk dikabulkan. Karena pada prinsipnya semua do’a itu pasti dikabulkan, kalau itu akan menjadi kebaikan bagi diri kita. Karena Allah jelas berjanji dalam surat Al-Baqarah ayat 186, “kalau hambaku bertanya tentang aku, katakan aku itu dekat. Aku akan mengabulkan do’a orang-orang yang meminta kepadaku, mereka melaksanakan panggilanku dan mengimaniku.” Oleh sebab itu, kalau do’a kita ingin dikabulkan, kita harus mengimani Allah, mengamalkan ajaran Allah, dekat dengan Allah, maka semoga dengan do’a-do’a itu Allah memberikan petunjuk. Wallahu’alam bishawab

Editor : Candra

* Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected] atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

 

buku doa orang-orang sukses

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment