Ummu Hakim binti Al-Harits, Menjadi Pahlawan Pada Malam Pengantin

padang pasir

PERCIKANIMAN.ID – – Ibunda Ummu Hakim adalah Fatimah binti Al-Walid, saudara perempuan dari Khalid bin Al-Walid. Ummu Hakim adalah istri dari Khalid bin Sa’id dan pernikahan mereka memiliki kisah yang menarik.

 

Al Waqidi mengatakan: Sebelumnya Ummu Hakim adalah istri dari Ikrimah bin Abi Jahal, lalu Ikrimah terbunuh sebagai syahid di Ajnadin, dan Ummu Hakim pun melalui masa iddahnya. Setelah itu Khalid bin Sa’id mengirimkan utusan kepadanya untuk menawarkan lamaran, maka ia pun menerima lamaran Khalid dan ia dinikahi dengan mahar empat ratus dinar.

 

Ketika kaum muslimin sudah sampai di Marajush Shuffar –Khalid termasuk orang yang ikut dalam perang Ajnadin dan Marajush Shuffar, Khalid ingin menikahi Ummu Hakim. Maka Ummu Hakim pun berkata, “Bagaimana jika engkau mengakhirkan pernikahan ini hingga Allah membubarkan kumpulan (pasukan) ini.” Khalid menjawab,

 

“Sesungguhnya jiwaku mengatakan bahwa aku akan terbunuh dalam peperangan ini.” Ummu Hakim pun berkata, “Kalau begitu lakukanlah.” Maka Khalid bin Sa’id menikahinya di atas jembatan yang ada di Marajush Shuffar, dan setelah itu jembatan tersebut dikenal dengan jembatan Ummu Hakim.

 

Khalid pun melaksanakan walimah pernikahannya, dia mengundang sahabat-sahabatnya dan menjamu mereka. Namun sebelum mereka selesai menyantap hidangan, pasukan Romawi datang menyerang, lalu salah seorang di antara mereka maju dan mengajak berduel, maka Khalid bin Sa’id pun maju dan bertanding dengannya hingga terbunuh. Melihat hal tersebut, Ummu Hakim langsung mengikat baju pengantinnya bahkan masih ada bekas wewangian padanya.

donasi perpustakaan masjid

 

Dia pun ikut bertempur dalam peperangan dahsyat yang berlangsung di atas sungai tersebut, kedua pasukan bertempur dengan gagah berani dan saling menyerang dengan pedang. Pada hari itu Ummu Hakim berhasil membunuh musuh dengan menggunakan tiang pasak dari tenda yang digunakannya untuk bermalam pertama dengan Khalid.

 

Seorang pengantin berperang di malam pengantinnya. Sungguh keberanian dan kekuatan yang luar biasa. Renungkanlah wahai saudariku, sang pengantin wanita itu membela agamanya dalam menghadapi musuh-musuh Islam dari kalangan bangsa Romawi, serta menunjukkan keberanian dan kekuatan yang telah membuatnya berhasil membunuh tujuh orang laki-laki Romawi, padahal dirinya adalah seorang wanita yang lemah secara fisik namun menjadi kuat keimanannya terhadap Rabbnya.

 

Sungguh mengagumkan keberanian yang luar biasa itu yang telah dicatatkan oleh sejarah untuk kita dari Ummu Hakim, juga yang membuat kita mengetahui darinya bahwa untuk membela agama tidak harus menunggu waktu tertentu, akan tetapi harus dilakukan setiap saat dan pada setiap kesempatan serta dengan setiap wasilah yang memungkinkan.

 

Sungguh, Ummu Hakim telah berperang pada malam pengantinnya dan dia berperang dengan menggunakan tiang pasak tenda. Sedangkan kita wahai saudariku, dengan apa kita berperang pada zaman sekarang, dan dengan wasilah apa kita akan membela agama kita? Tidak hanya dengan berperang saja, tapi pembelaan itu mungkin saja terwujud pada malam pengantin ketika dengannya kita mengharapkan keridhaan Allah, dan ketika ia dilaksanakan sesuai dengan syariat Allah, sehingga malam itu tidak hanya mewujudkan kebahagiaan, akan tetapi juga dilaksankan sesuai dengan ajaran Islam dan ditujukan untuk Islam.

 

Pembelaan terhadap Islam pun dapat dilakukan melalui dasar dasar ajaran Islam yang diajarkan kepada anak-anak kita dengan harapan akan menjadi tentara-tentara Islam yang akan membela Islam dan mengibarkan benderanya. Pembelaan terhadap Islam pun dapat dilakukan dengan amar ma’ruf nahi mungkar, serta menarik simpati orang-orang terhadap agama Allah pada zaman di mana kerusakan telah tersebar luas di setiap tempat. [ ]

Disarikan dari buku “66 Muslimah Pengukir Sejarah” karya Ummu Isra’ binti Arafah.

 

Buku 66 Muslimah Pengukir Surga 2a

 

BACA JUGA: Kisah Muslimah Calon Penghuni Surga

 

Red: riska

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

(Visited 5 times, 3 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment