Tips Mengatasi Bekas Kehitaman Pada Kulit

Kulit Tangan 3

Bersama: dr Diah Puspitosari, SpKK*

 

Assalamualaikum  dok, sudah lama saya punya alergi makanan seperti seafood dan ayam. Sudah periksa kedokter tapi hasilnya selalu kurang memuaskan. Kalau makan seafood atau ayam kulit saya jadi merah dan bekasnya menghitam. Pertanyaannya: apakah obat alergi yang bisa menyembuhkan total dari makanan tersebut, danbagaimana menghilangkan bekas yang hitam? Karena terkadang saya kurang percaya diri dengan itu. Terimakasih (Nurhanifah by email)

 

 

Wa’alaykumsalam Wr Wb. Iya teh Nur dan sahabat-sahabat cantik sekalian, sering kita temukan adanya bekas berupa bercak kehitaman pada kulit yang terjadi setelah adanya luka atau proses peradangan pada kulit. Proses peradangan dapat terjadi karena berbagai penyebab seperti penyakit alergi, iritasi, eksim, infeksi, luka, gigitan serangga dan sebagainya.

Bekas kehitaman ini dikenal sebagai hiperpigmentasi pasca inflamasi ditandai dengan bercak kehitaman akibat bertambahnya jumlah melanin di kulit. Kelainan kulit ini dapat terjadi di tingkat kedalaman kulit paling luar hingga yang lebih dalam.

Penegakan diagnosis dapat dilakukan melalui pemeriksaan fisik dan riwayat penyakit yang akan ditanyakan oleh dokter melalui anamnesis atau wawancara untuk menggali riwayat terbentuknya kelainan kulit tersebut. Pemeriksaan penunjang menggunakan lampu wood terkadang dilakukan untuk memastikan letak bercak tersebut.

promooktober

Bagaimana mengatasinya?

Tidak semua bercak kehitaman tersebut dapat dihilangkan dengan mudah, bahkan pada kebanyakan kasus cukup sulit dan memerlukan waktu yang cukup lama. Di pasaran mungkin cukup banyak tersedia berbagai lotion atau krim yang diklaim dapat menipiskan bercak kehitaman pada kulit. Bahan aktif yang terkandung di dalamnya tentunya merupakan bahan-bahan pencerah seperti ekstrak arbutin, licorice, vitamin C, atau asam kojik.

Apabila bercak tersebut terlalu gelap, sering kali bahan-bahan alami tidak terlalu membantu sehingga ada baiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Dokter kulit akan memberikan obat-obat oles dengan bahan aktif yang lebih kuat, namun tentu diberikan dengan resep dokter dan digunakan dalam pengawasan. Bahan-bahan aktif tersebut misalnya hidrokinon, kombinasi hidrokinon dengan asam retinoat, serta asam azeleat.

Berapa lama waktu yang diperlukan?

Untuk menghilangkan bercak kehitaman bekas luka tersebut, berapa lama waktunya tidak dapat dipastikan karena tergantung pada berbagai faktor. Semakin dalam kelainan kulit, maka akan semakin sulit diobati. Selain itu, tergantung pula pada jenis obat yang digunakan. Semakin kuat bahan aktifnya tentu akan semakin mempercepat proses menipisnya bercak tersebut.

Faktor lain yang berperan adalah faktor individu. Apabila bekas luka dialami di usia muda tentu akan lebih mudah terjadi penyembuhan. Kulit yang sensitif juga lebih sulit disembuhkan dan lebih mudah mengalami lagi peradangan. Tingkat kepatuhan pun memegang peranan amat besar, apabila rajin mengoleskan obat tentunya hasil akan lebih baik.

Bagaimana pencegahannya?

Agar kulit tidak mudah mengalami peradangan yang berpotensi menimbulkan bekas maka ada beberapa hal yang dapat dilakukan misalnya:

  • Melindungi kulit dengan pelembab
  • Melindungi kulit dengan tabir surya
  • Berhati-hati dalam memilih dan menggunakan produk kosmetik apapun untuk kulit terutama apabila kulit sensitif
  • Jangan menggaruk kulit yang gatal karena akan berpotensi menyebabkan bekas

Demikian semoga membantu. Salam cantik & sehat. [ ]

Klinik Sammara Sahya 1a

*Penulis adalah dokter spesialis kulit, nara sumber Talkshow Kesehatan Kulit Radio Cosmo  101.9 FM Bandung, serta dokter di klinik spesialis kulit AMMARA SAHYA Jl. Pacuan Kuda No 46 Arcamanik Bandung.  Akun Facebook : https://www.facebook.com/poppy.d.puspitosari

 Sampaikan pertanyaan seputar permasalahan kesehatan kulit Anda ke:  [email protected] , dokter Poppy & tim klinik spesialis kulit AMMARA SAHYA akan membahasnya dalam rubrik “ Cantik & Sehat”

dr.Poppy

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment