Pastikan Buah Hati Makan Sehat, Begini Tipsnya

PERCIKANIMAN.ID – – Setiap orangtua pastinya menginginkan anaknya tumbuh sempurna sesuai tahapan usianya. Ia tumbuh sehat dan lebih besar atau tinggi dibanding  teman seusianya. Namun  fantasi orang tua tentang anak-anaknya makan dengan lahap kadang membuat frustasi karena realitanya berbeda. Kehidupan modern yang serba cepat juga membuat orang tua masa kini tanpa menyadari ikut memberikan makanan yang salah pada anak-anaknya. Selain tidak sehat juga akan berdampak buruk saat ia dewasa.

Dalam laporan yang diterbitkan Journal of the American Dietetic Association melaporkan kentang goreng dijadikan 25 persen asupan sayuran anak-anak. Ini tentu saja membuat terkejut karena kentang goreng buatan rumahan dengan buatan warung cepat saji jelas berbeda. Kentang goreng buatan bunda akan terasa biasanya baik rasa maupun penampilannya. Namun anak akan lebih memilih kentang goreng dari makanan siap saji (fast food).

Seperti dilansir dari raised good, Selasa (24/10/2017), berikut tips sederhana bagi orangtu untuk memastikan anak –anak tetap makan sehat,

  1. Eksplorasi

Mulailah dengan menemukan bahan-bahan dasar yang disukai anak Anda, kemudian berkreasi dengan menu-menunya. Jika si anak suka dengan pisang, susu cokelat, dan kacang almond, Anda bisa menambahkan bahan lain, seperti kacang-kacangan, alpukat, biji rami, minyak ikan, bubuk probiotik, dan mentega kacang ke dalam berbagai menu berbahan dasar kesukaan si kecil.

 

  1. Ganti bahan aman dikonsumsi

Si kecil misalnya suka membeli pancake di luar rumah. Anda bisa menyubtitusi bahannya. Tepung terigu biasa diganti dengan tepung soba atau tepung bebas gluten. Susu sapi bisa diganti santan kelapa atau susu almond. Kue cokelat bisa dibuat dari lima bahan dasar, seperti pisang tumbuk, kacang tanah, bubuk kayu manis, labu siam, dan sirup maple. Ini jauh lebih sehat dibanding kue kemasan.

donasi perpustakaan masjid

 

  1. Nutrisi lengkap

Anda bisa menyertakan bahan-bahan tambahan untuk menyempurnakan nutrisi ke makanan si kecil. Anda bisa membuatkannya sup kaldu tulang dicampur sayur-sayur kesukaannya. Bubuk protein juga bisa ditambahkan ke dalam smoothies. Tambahkan makanan ekstra yang mengandung asam amino, kolagen, prolin, glisin, dan mineral yang mudah diserap tubuh.

 

  1. Libatkan si kecil

Salah satu cara membuat anak bersemangat makan adalah melibatkan mereka dalam penyiapan dan penyajiannya. Anda dan si kecil bisa bekerja bersama, misalnya mengajaknya memanggang kue, membuat jus buah dan sayuran menggunakan juicer, memecahkan telur, memotong pisang, atau membuat smoothie bersama. Memberi kebebasan pada si kecil membantu menyiapkan makanan membuat mereka antusias mencicipi apa yang dibuatnya.

 

  1. Bermain

Anda tak perlu berperang karena si kecil menolak duduk di meja makan. Sementara waktu Anda cukup memprioritaskan makanan masuk dengan mulus ke perutnya. Jadi, tidak ada salahnya makan sambil bermain.

Akan ada saatnya nanti si kecil berubah dan disiplin makan di meja makan. Anak kecil biasanya memiliki tempat favorit makan, seperti di tangga, di meja sudut, di kursi tamu, hingga di dekat wastafel dapur.[ ]

 

BACA JUGA: Agar Anak Tumbuh Sehat dan Dewasa

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

REKOMENDASI

Leave a Comment