Cara Mengatasi Anak Kecanduan Gadget

Gadget Anak 2

PERCIKANIMAN.ID – – Era digital, yang antara lain ditandai dengan semakin banyaknya penggunaan gadget, membawa dampak cukup besar bagi tumbuh kembang anak, tidak hanya dampak positif tapi juga dampak negatif.

 

Menurut Pakar psikologi yang banyak menganalisis anak dan remaja, Sani B Hermawan, hadirnya gadget menyebabkan komunikasi dengan anak semakin susah. Prestasi anak bisa menurun karena konsentrasinya terganggu. Sementara secara fisik akan muncul masalah kesehatan dan gangguan pada mata. Kondisi tersebut perlu diatasi.

 

“Caranya dengan membuat “deal bersama” antara anak dan orang tua. Proses itu dilakukan dengan menyenangkan dan dua arah,” ujar Sani seperti dilansir antaranews Kamis (23/10/2017).

 

“Deal bersama” itu mencakup soal durasi pemakain gadget yang tidak lebih dari tiga jam per hari dengan istirahat 30 menit per 1 jam, kecuali untuk tujuan sekolah.

 

“Anak diajak memahami dampak negatif yang merugikan dirinya apabila tidak dibatasi,” kata Sani.

kalender percikan iman 2018

 

Selain itu, pastikan anak menggunakan gadget dengan posisi yang tepat, pencahayaan cukup dan tidak terlalu dekat sehinga tidak merusak mata. Untuk menjaga kesehatan, anak juga dianjurkan tetap bergerak, minum dan makan.

 

Sani juga berbagi tips pencegahan agar anak tidak terpapar dampak negatif gadget, yakni sebagai berikut:

 

  1. Orang tua sebagai pendamping dan block situs negative

 

Melarang membuka internet bukanlah solusi tepat untuk mengurangi kecanduan gadget. Dampingi saat ia membuka-buka internet dan jelasnya mana konten negative dan yang positif.

 

  1. Letakkan komputer di ruang umum

 

Meletakkan komputer baik PC maupun laptop di ruang tamu misalnya dapat memberikan kesan terbuka. Cara ini akan mampu mengontrol sekaligus melihat aktivitas anak selama membuka internet.

 

  1. Tentukan waktu online bersama dan ada pembatasan

 

Sediakan waktu khusus untuk membuka internet kecuali dalam keadaan darurat atau keperluan mendesak. Pembatasan waktu untuk online juga untuk mendisiplinkan anak.

 

  1. Perhatikan tingkah laku tak wajar dan konsultasikan

Jika tingkah lakunya sudah diluar batas kewajaran dan orangtua sudah merasa tidak mampu lagi maka persoalan ini harus dikonsultasikan kepada ahlinya. Membiarkan anak terus bermain gadget hanya akan menambahnya semakin kecanduan.

 

  1. Tekankan pentingnya bersosialisasi kehidupn nyata

 

Chatting dan melakukan komunikasi di dunia maya (online) terkadang sangat mengasyikkan. Namun bagaimana pun indah dan bahagianya berinteraksi di dunia maya tentu jauh lebih asyik jika langsung di dunia nyata.

 

  1. Sosialisasikan cara memakai gadget dengan tepat

 

Melarang bukanlah cara yang bijak melainkan harus disertai dengan alasan dan penjelasan yang tepat dan dimengerti. Berikan penjelasan cara  bijak menggunakan gadget selain untuk hiburan juga untuk mencari informasi dan ilmu pengetahuan.

 

  1. Pemeriksaan mata secara rutin.

 

Anak yang sering terpapar dengan layar gadget tentu sangat tidak baik karena akan mengganggu matanya. Untuk itu orangtua perlu memeriksakan matanya agar diketahui sudah sejauh mana tingkat minus atau plusnya. [ ]

 

BACA JUGA:  Anak Minta Gadget ? Perhatikan Syarat Ini

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: norman

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment