Melihat Orangtua Selingkuh, Apa Yang Harus Dilakukan Anak?

Assalamualaikum. Pak Ustadz mau tanya, apa yang harus dilakukan seorang anak ketika mengetahui ayahnya berselingkuh, ustadz? Apakah dia harus melaporkan kepada ibunya atau memendam saja hal tersebut agar tidak terjadi keretakan rumah tangga? Bagaimana caranya agar anak tersebut bisa menasehati ayahnya agar memutuskan hubungan perselingkuhannya? Apakah bijak jika anak tersebut mendatangi WIL (wanita idaman lain) tersebut agar menjauhi ayahnya? (NM by email)

 

 

Wa’alaykumsalam Wr Wb. Iya Teh NM yang dirahamti Allah dan sahabat-sahabat sekalian,tentu kita turut prihatin atas apa yang Anda alami khususnya yang menyangkut keluarga Anda. Begini sebelum menjawab pertanyaan Anda, mari terlebih dahulu kita perhatikan hadits berikut,

 

“Barangsiapa di antara kamu melihat kemungkaran hendaklah dia mencegah kemungkaran itu dengan tangannya. Jika tidak mampu, hendaklah mencegahnya dengan lisan, jika tidak mampu juga, hendaklah dia mencegahnya dengan hatinya. Itulah selemah-lemah iman.”  (H.R. Muslim)

 

Sudah menjadi kewajiban setiap muslim yang sudah dewasa untuk tidak membiarkan kemunkaran (pelanggaran) yang dilakukan oleh sesama muslim, terlebih dia adalah keluarga kita. Hanya saja, teknik atau strateginya disesuaikan dengan keadaan.

 

Bagi Anda yang mendapati ayahnya berselingkuh, maka beliaulah yang menjadi tujuan pertama untuk “diluruskan”. Sebaiknya ibu tidak diberitahu terlebih dahulu demi kemaslahatan dan kebaikan bersama dalam keluarga. Diharapkan ayah bisa “diluruskan” tanpa melibatkan ibu. Tidak dipersalahkan juga jika Anda bicara baik-baik dengan WILnya tersebut agar permasalahan tidak semakin membesar.

 

Jika semua usaha yang disebutkan tersebut menemui kebuntuan, maka dengan melihat waktu yang tepat, ibu harus dilibatkan. Karena, tidak baik juga membiarkan ibu dibohongi oleh ayah, apalagi dengan perselingkuhan yang melanggar syariat Islam. Yang saya sampaikan hanyalah sebagian dari solusi yang bisa Anda lakukan. Mungkin Anda bisa mencari solusi lain yang lebih jitu untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi. Juga tidak adalah salahnya melibatkan keluarga besar Anda jika segala upaya telah Anda tempuh namun tidak ada hasil. Mungkin ada orang yang berwibawa atau disegani ayah Anda yang bisa membuat ayah Anda menjadi sadar. Wallahu a’lam. [ ]

BACA JUGA: Salahkah Suami Yang Memaafkan Istri Yang Selingkuh? 

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected]  atau melalui i Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

 

(Visited 547 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment