Apakah Jodoh Merupakan Takdir?

poligami

PERCIKANIMAN.ID – –  Seringkali masalah jodoh selalu menjadi topik hangat untuk dibicarakan. Banyak yang mengatakan bahwa jodoh, rezeki, dan maut adalah aturan Allah yang sudah ditetapkan. Sehingga, ketika mendapatkan jodoh yang mempunyai sifat buruk maka kita hanya pasrah dan mengatakan ini sudah menjadi qodarullah. Namun, bukankah jodoh kita itu adalah cerminan dari kita? Allah berfirman yang artinya :

Perempuan-perempuan keji untuk laki-laki keji dan laki-laki keji untuk perempuan-perempuan yang keji pula. Perempuan-perempuan baik untuk laki-laki baik dan laki-laki baik untuk perempuan-perempuan yang baik pula. Mereka itu bersih dari tuduhan orang. Mereka memperoleh ampunan dan rezeki yang mulia (surga)” [Q.S.An-Nur:26]

Takdir itu sendiri ada yang tidak bisa diubah dan ada yang bisa diubah. Jodoh merupakan takdir yang bisa diubah, tergantung bagaimana cara kita untuk dapat mendapatkan jodoh yang baik versi kita ataupun versi Allah dengan cara selalu memperbaiki diri dan selalu dekat dengan Allah. Seringkali kita menganggap seseorang yang sedang dekat dengan kita, adalah jodoh yang terbaik menurut kita tapi belum tentu menurut Allah. Kadangkala, orang yang tidak kenal sebelumnya adalah jodoh terbaik kita. Semuanya kita kembalikan pada kuasa Allah.

Untuk memantapkan hati dalam perihal jodoh, Allah menyuruh kita untuk istikharah. Istikharah ialah meminta petunjuk kepada Allah diantara beberapa pilihan dan merasa ragu untuk memilih untuk diberikan kemantapan hati dalam memilih yang menurut Allah adalah yang terbaik.

Lalu bagaimana Allah menjawab doa istikharah kita? Apakah melalui mimpi? Sebab dalam mimpi setan memiliki peluang besar untuk memainkan perannya, sehingga bisa jadi setan menggunakan mimpi untuk mempermainkan manusia. Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

promooktober

“Mimpi itu ada tiga macam: bisikan hati, ditakuti setan, dan kabar gembira dari Allah.”[HR. Bukhari Muslim]

Namun, jawaban dari doa istikharah kita ada yang langsung diijabah oleh Allah, ada yang Allah tunda sampai waktu tertentu, atau bisa jadi Allah akan kabulkan doa kita ketika sudah di akherat. Tapi, intinya untuk mengetahui jawabannya ialah diberi kemantapan hati untuk memutuskan sesuatu hal termasuk jodoh.

( Disarikan dari Materi Istikharah Jodoh oleh Ayat Priyatna Muhlis dalam Sekolah Pra-Nikah  Kajian Islam Instensif Percikan Iman)

Editor : candra

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment