Waktu Shalat Dzuhur Bagi Wanita Pada Hari Jum’at

Muslimah masjid 1

Assalamu’alaykum.Pak Aam, di hari Jum’at saat laki-laki shalat Jum’at apakah yang perempuan bisa langsung shalat dzuhur saat adzan sudah berkumandang, atau harus menunggu laki-laki selesai shalat Jum’at? Mohon penjelasannya. (Lin via email)

 

Wa’alaykumsalam Wr Wb. Iya Ibu Lin dan sahabat-sahabat sekalian, begitu adzan Jum’at, itu isyarat waktu dzuhur sudah tiba. Ada firman Allah yang mengatakan, “sesungguhnya shalat itu sudah ditentukan waktunya.” Artinya begitu waktu adzan Dzuhur tiba, maka siapapun boleh bersegera shalat. Hanya saja bagi kaum laki-laki bersegara untuk shalat Jum’at.

Hai, orang-orang beriman! Apabila diseru untuk menunaikan salat Jumat, segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah perdaganganmu. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (QS.Al Jumu’ah:9)

Bagi ibu-ibu, begitu terdengar kumandang adzan jum’at, maka sesungguhnya shalat dzuhur sudah masuk, dan anda boleh melaksanakan shalat tidak harus menunggu laki-laki selesai jum’atan. Toh ibu-ibu kan shalatnya di rumah. Tapi kalau anda sedang di perjalanan, kemudian di masjid sedang ada shalat jum’at, dan tidak ada tempat khusus bagi perempuan maka anda tunggu sampai jum’atan itu selesai.

Jangan lupa bahwa setiap shalat itu sudah ditentukan waktunya. Begitu waktu shalat telah tiba maka segera laksanakan shalat sebisa mungkin. Karena Rasul pernah ditanya, “Ya Rasulullah amalan apa yang paling afdhol?” Rasul menjawab, “biasakan kamu shalat di awal waktu.”. Wallahu’alam. [ ]

promooktober

 

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected]  atau melalui i Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment