Memberi Ruang Bereksplorasi Dapat Membuat Anak Percaya Diri

anak main

PERCIKANIMAN.ID – – Orang tua sebaiknya memberi ruang bagi anak untuk bereksplorasi menemukan hal hal baru. Hal itu dapat menumbuhkan kepercayaan diri sang anak.

 

“Dengan memberikan ruang dan kesempatan bereksplorasi, maka anak akan tumbuh berkembang dan memiliki kepercayaan diri,” kata Psikolog Ratih Ibrahim pada “Explore your World” di Makassar, dikutip antaranews akhir pekan lalu.

 

Menurut Ratih, untuk mendukung perkembangan anak itu, peran ayah dan ibu sangat penting dalam mendorong anak bereksplorasi menemukan hal-hal yang baru.

 

“Melalui eksplorasi anak itu dapat memupuk kemandirian anak. Kondisi ini tentunya bergantung pada lingkungannya,” katanya.

 

Sementara itu Dokter Spesialis tumbuh kembang anak dr Bernie Messenger, SpA (K) mengatakan, nutrisi yang baik akan membantu anak dalam bereksplorasi.

promo oktober

 

“Dengan nutrisi yang baik juga akan mencegah anak jatuh sakit yang diakibatkan saluran pernafasan dan saluran cerna yang bermasalah,” katanya.

 

Hal ini mengingat dari total anak di Indonesia sekitar 40 persen di antaranya mengalami infeksi pernapasan atas (ISPA) dan 21,2 persen mengalami diare. [ ]

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: norman

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment