Hukum Puasa Daud di Hari Jum’at

Piring Kosong 2

Assalamu’alaykum. Pak Aam, saya mau tanya tentang Shaum Daud di hari Jum’at tanpa didampingi shaum di hari sebelumnya atau sesudahnya, apakah itu diperbolehkan? (Eva via email)

 

 

Wa’alaykumsalam Wr Wb. Iya Bu Eva dan sahabat-sahabat sekalian, pertanyaan itu muncul boleh jadi karena ada riwayat yang disampaikan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda,

Jangan kamu khususkan shalat malam pada malam jum’at saja, dan tidak melakukan shalat malam dimalam-malam yang lain. Dan jangan kamu mengkhususkan puasa di hari Jum’at sementara di hari-hari yang lainnya tidak, kecuali puasa yang kamu lakukan pada hari itu bertepatan dengan hari Jum’at.”

Jadi Nabi melarang sholat malam hanya pada hari Jum’at, jadi seolah-olah hari Jum’at itu hari yang sangat spesial sehingga anda tidak pernah melakukan shalat malam kecuali hari Jum’at saja. Dan seolah-olah hari jum’at itu benar-benar luar biasa dan anda melupakan hari lain. Anda boleh puasa dihari Jum’at asalkan tidak dikhususkan.

Anda berpuasa pada hari Jum’at karena niatnya puasa Daud, itu boleh. Karena menurut riwayat diatas, kecuali puasa yang diniatkan khusus pada hari Jum’at. Anda pun boleh berpuasa di hari Jum’at dengan niat meng-qadha, nadzar, atau puasa daud yang jatuhnya pada hari Jum’at. Yang tidak boleh adalah anda mengkhususkan puasa hanya pada hari Jum’at saja.

Jadi jelas yang dimaksud tidak boleh puasa di hari Jum’at itu kalau mengkhususkan diri tiap Jum’at. Tapi kalau anda niatnya meng-qadha atau puasa Daud itu tidak masalah. Wallahu’alam. [ ]

 

BACA JUGA: Keutamaan Puasa  Senin Kamis

 

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected]  atau melalui i Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

(Visited 1 times, 2 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment