8 Fungsi Kulit Yang Harus Kita Tahu

 

Oleh: dr Poppy Diah P, SpKK

 

PERCIKANIMAN.ID – – Kulit merupakan organ tubuh terluar yang terlihat langsung, sehingga memiliki peranan yang amat penting khususnya berkaitan dengan penampilan seseorang. Kulit dinilai memiliki peranan penting pula dalam mengekspresikan kesehatan seseorang. Tak jarang, kondisi kesehatan seseorang yang kurang baik terlihat dari kulit yang juga tampak kurang sehat. Selain berperan penting dalam penampilan, kulit memiliki berbagai fungsi penting lainnya. Berbagai fungsi kulit tersebut yaitu fungsi proteksi (perlindungan), absorpsi (penyerapan), ekskresi (pengeluaran), persepsi (rasa), termoregulasi (pengaturan suhu tubuh), pembentukan pigmen, pembentukan vitamin D, dan fungsi estetik.

  1. Fungsi Proteksi

Kulit berperan melindungi tubuh terhadap berbagai gangguan dari luar seperti gangguan fisik misalnya tekanan, tarikan, gangguan kimiawi terhadap bahan-bahan iritan yang berasal dari sabun, deterjen, atau bahan-bahan kimia lainnya. kulit juga melindungi tubuh dari gangguan panas, misalnya sengatan panas matahari atau sumber panas lainnya, serta melindungi tubuh dari mikroorganisme seperti bakteri atau jamur.

        2. Fungsi Absorpsi

Kulit sehat memiliki fungsi penyerapan yang baik, sehingga berperan juga dalam fungsi pernapasan kulit. Fungsi absorpsi ini memungkinkan kulit menyerap bahan-bahan yang diperlukan misalnya pelembab yang diperlukan untuk menjaga kulit dari kekeringan.

kalender percikan iman 2018

        3. Fungsi Ekskresi

Kulit memiliki beberapa macam kelenjar yang berfungsi mengeluarkan zat-zat yang tidak berguna dari tubuh seperti NaCl, urea, dan amonia yang terdapat di dalam keringat. Kulit juga mengeluarkan minyak (sebum) yang dapat berfungsi melindungi kulit dari penguapan berlebihan sehingga kulit tidak kering. Produk minyak dan keringat tersebut juga menjaga pH kulit pada kisaran 5-6,5.

       4. Fungsi Persepsi

Kulit memiliki ujung-ujung saraf yang berfungsi merasakan panas, dingin, serta dapat merasakan sensasi raba maupun tekan.

       5. Fungsi Termoregulasi

Kulit mengatur suhu tubuh dengan cara mengeluarkan keringat dan mengerutkan otot pembuluh darah. Kondisi ini memungkinkan kulit menyesuaikan diri dengan suhu di sekitar yang berperan pula melindungi tubuh.

       6. Fungsi Pembentukan Pigmen

Kulit berperan menghasilkan pigmen melanin yang memberikan warna kecoklatan pada kulit. Pigmen ini berperan pula melindungi kulit terutama dari pajanan sinar matahari, sehingga kulit kecoklatan umumnya lebih tahan terhadap efek buruk sinar matahari.

       7. Fungsi Pembentukan Vitamin D

Kulit membentuk vitamin D dengan bantuan sinar matahari. Namun, kebutuhan vitamin D ini sering kali kurang tercukupi sehingga diperlukan tambahan dari luar.

       8. Fungsi Estetik dan Ekspresi

Kulit memiliki fungsi estetik, dan dapat dibayangkan apabila tubuh tidak dilindungi dengan kulit, tentunya fungsi tersebut terganggu. Kulit yang sehat akan mencerminkan keindahan dan kesehatan pula. Pembuluh darah dan kelenjar keringat yang terdapat di kulit berperan pula dalam ekspresi dan emosi seseorang.

Betapa besar peranan kulit bagi tubuh kita. Itulah sebabnya kita harus menjaga dan merawat kulit agar sehat sehingga fungsi-fungsi tersebut dapat berjalan optimal. Semoga bermanfaat. [ ]

 dr.Poppy

 

*Penulis adalah dokter spesialis kulit, nara sumber Talkshow Kesehatan Kulit Radio Cosmo  101.9 FM Bandung, serta dokter di klinik spesialis kulit AMMARA SAHYA  Jl.Pacuan Kuda No. 46 Arcamanik Bandung.  Akun Facebook : https://www.facebook.com/poppy.d.puspitosari

Sampaikan pertanyaan seputar permasalahan kesehatan kulit Anda ke:  [email protected] , dokter Poppy & tim klinik spesialis kulit AMMARA SAHYA akan membahasnya dalam rubrik “ Cantik & Sehat”

 

Klinik Sammara Sahya 1a

BACA JUGA: Tips Kulit Cantik dan Sehat

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment