Hukum Menyematkan Kalimat Allah pada Pakaian

baju lafadz Allah

Assalamu’alaykum Pak Ustadz, saya berjualan baju anak, dan di baju itu ada tulisan “alhamdulillah” dan “masya Allah”, menurut Ustadz diperbolehkan atau tidak? Karena ada beberapa sumber yang mengatakan, kalimat-kalimat Allah tidak boleh dibawa ke kamar mandi. (Agus via email)

 

 

Sebenarnya ada riwayat yang menyebutkan bahwa Rasulullah ketika akan masuk ke kamar mandi, ia melepas cincinnya. Karena memang di cincin itu ada tulisan “Muhammad Rasulullah”. Cincin tersebut berfungsi sebagai cap ketika Rasul mengirim surat. Ini pun adalah cikal bakal cap pada surat.

Itulah yang menjadi dasar kenapa masuk ke kamar mandi itu tidak boleh ada kalimat Allah. Namun ternyata setelah diteliti oleh para ahli hadist, hadist yang mengatakan bahwa Rasulullah melepas cincin yang bertuliskan lafadz Allah itu, hadist nya mu’alal. Jadi dia ada cacatnya, seperti shahih tapi sebenarnya dhaif.

Maka dengan demikian, sesungguhnya selama kita tidak bermaksud untuk menghinakannya, maka membawa lafadz Allah ke dalam kamar mandi itu tidak masalah. Misalnya, ibu-ibu masuk ke dalam toilet umum dan di tasnya ada Al-Qur’an, itu boleh tidak? Silahkan saja, karena kan anda tidak bermaksud menistakan Al-Qur’an.

Apalagi hampir di semua handphone umat Islam mungkin ada aplikasi Al-Qur’an. Seperti halnya masjid yang banyak Al-Qur’an lapuk untuk diganti yang baru maka Al-Qur’an yang lama itu dibakar. Hal tersebut bukan berarti bermaksud menghinakan Al-Qur’an, tapi justru bertujuan untuk memuliakannya. Karena daripada membiarkan Al-Qur’an tersebut ada di tong sampah, lebih baik segera dibakar.

promooktober

Nah, sekarang anda membuat baju dengan lafadz Allah supaya anak-anak akrab dengan hal tersebut, menurut saya tidak masalah. Daripada anak-anak itu bangga dengan kalimat-kalimat yang tidak layak maka kita ganti dengan kalimat-kalimat yang layak dan mengandung kepercayaan diri kepada Allah Swt. maka tidak masalah.

Karena anda tidak bermaksud menistakannya. Dengan demikian kalau anda masuk ke dalam kamar mandi dan di baju, jam tangan atau di liontin kita ada lafadz dzikir itu tidak masalah. Walaupun tadi saya bilang ada hadist yang menjelaskan tentang Nabi melepas cincinnya, tetapi hadist itu lemah. Wallahu’alam bishawab.


Editor : Candra

* Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected] atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

(Visited 23 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment