Bolehkah Melaksanakan Umroh dari Hadiah?

kiswah 1953

Assalamu’alaykum. Pak Aam, sekarang banyak perusahaan  atau acara yang mengiming-imingi hadiah umroh. Bolehkah kita melaksanakan umroh dari hadiah?, Mohon penjelasannya dan terima kasih . (Dhea by email)

 

 

Wa’alaykumsalam Wr Wb. Iya Ibu Dhea dan sahabat-sahabat sekalian, ibadah umroh dan juga haji adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam karena mempunyai beberapa keutamaan. Apa yang Anda tanyakan ini memang fenomena yang terjadi saat ini sebagai salah satu bentuk stategi promosi tentunya. Sepengatahuan saya, Allah Swt. menetapkan wajib haji atau umroh hanya untuk orang yang memiliki istitha’ah  atau kemampuan untuk melaksanakannya.  Hal ini ditegaskan Allah Swt dalam firman-Nya:

Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu bagi orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya dari semesta alam.” (QS. Ali Imran: 97).

Makna kemampuan atau sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah meliputi kemampuan harta, fisik, dan ilmu. Kemampuan harta tidak selamanya harus didapatkan dengan keringat sendiri, tapi bisa juga hadiah atau pemberian dari orang lain. Tentu saja hadiah tersebut didapat dengan cara yang baik seperti tidak ada unsure judinya atau hal meragukan dan sebaginya. Kesimpulannya, kita boleh berangkat haji atau umroh dari hadiah karena itu merupakan bentuk kemampuan dan juga anugerah dari Allah Swt kepada kita untuk bisa melaksanakan umroh lewat orang lain atau hadiah tersebut. Wallahu A’lam. [ ]

 

BACA JUGA: 10 Catatan Haji 2017

promooktober

 

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected]  atau melalui i Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

(Visited 34 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment