Bagaimana Penentuan Waktu Shalat di Pesawat ?

pesawat

Assalamu’alaykum Wr.Wb , Pak Aam.  Kalau shalat di dalam pesawat, bagaimana waktunya? Apakah mengikuti jam yang ada dipesawat atau jam yang ada di negara kita? Mohon pencerahannya ustadz. ( Anonim by email)

 

 

Wa’alaykumsalam Wr Wb, Pembaca budiman yang dirahmati Allah. Seringkali kita melihat waktu pada jam di negara kita belum masuk waktu untuk shalat, sedangkan di tempat kita berada sudah memasuki waktu shalat. Pertanyaannya, apakah kita mengikuti jam Indonesia atau tempat kita berada?

Allah berfirman yang artinya:

“…..Sesungguhnya, salat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang beriman….” (Q.S. An-Nisa [4] :103)

Maksud ayat tersebut, waktu ialah yang berkaitan dengan tempat.  Sebagai contoh, di Indonesia saat ini pukul 6.00 sementara di Arab Saudi jam 2.00. Tentu saja orang itu shalat terikat dengan dimensi ruang dan waktu, oleh sebab itu anda harus shalat sesuai dengan posisi pesawat itu berada.

kalender percikan iman 2018

Kini, dengan teknologi yang sudah canggih kita bisa langsung mencari waktu shalat serta arah kiblat melalui aplikasi. Jadi, gunakan waktu dan tempat dimana anda berada. Wallahua’alam.

 

* Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected] atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

(Visited 13 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment