Benarkah Jika Membaca Surat Al-Hasyr Masuk Surga Tanpa Hisab?

kubur

Assalamu’alaykum. Pak Ustadz, apa benar jika kita selalu membaca surat Al-Hasyr, lalu kita meninggal, kita akan terhindar dari hisab dan langsung masuk surga? (Seno via email).

 

 

Wa’alaykumsalam Wr Wb.   Pak Seno dan sahabat-sahabat sekalian, tentu saja pendapat atau anggapan seperti ini tidak benar. Semua orang itu akan dihisab. Dalam surat Yasin ayat 65  kita baca, “

Pada hari ini, Kami tutup mulut mereka. Tangan mereka akan berkata kepada Kami dan kaki mereka akan memberi kesaksian terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan“. (Q.S.Yasin : 65)

Tidak benar kalau ada orang yang tiap sehabis shalat lalu membaca surat Al-Hasyr maka langsung ke surga. Semua orang, sebanyak dan sebesar apapun amalannya, pasti melalui proses hisab. Makanya banyak ayat yang mengingatkan, jangan menyepelekan kebaikan, karena kebaikan yang sedikit, kalau kita rutin menjalankannya maka itu akan menjadi tabungan. Siapa yang berbuat baik sekecil apapun, Allah akan perhitungkan, dan siapapun yang berbuat amal buruk, sekecil apapun, Allah akan perhitungkan. Berarti ini kan hisab.

Dalam surat Lukman ayat 16, Lukman juga menasihati anaknya bahwa semua orang itu akan dihisab atas apa yang dilakukannya.

kalender percikan iman 2018

Wahai anakku, sekiranya engkau berbuat baik sekecil apapun kebaikan itu, walau kebaikan itu ada di dalam batu, di dalam bumi, di ketinggian langit, Allah akan hitung.”

Ini artinya jangan beranggapan bahwa kita tidak akan dihisab hanya dengan membaca surat Al-Hasyr. Semua orang itu akan dihisab, dan tentu saja penghisaban tiap orang itu beda-beda, ada yang rumit ada pula yang gampang. Siapa yang diberi kitab hisabnya dari belakang, maka dia akan dihisab dengan cara yang sulit, siapa yang diberi kitab hisab dari arah kanannya maka ia akan dihisab dengan cara yang mudah dan dia akan kembali bertemu dengan keluarganya dengan bahagia. Jadi menurut ayat ini jelas, semua orang itu akan dihisab.

Dalam surat Al-Insyiqaq dijelaskan,

Hai manusia, sesungguhnya kamu telah bekerja keras menuju Tuhanmu, suatu saat kamu akan menemuinya.” (Q.S. 84: 6)

Adapun orang yang diberikan kitabnya dari sebelah kanan maka dia akan diperiksa dengan pemeriksaan yang mudah. Dan dia akan kembali pada kaumnya (yang sama-sama beriman) dengan gembira.” (Q.S. 84: 7-9)

Jadi jangan percaya dengan statement bahwa membawa surat atau ayat tertentu maka tidak akan dihisab dan langsung masuk surga, seolah masuk surga itu hanya dengan bacaan-bacaan. Hal tersebut tidaklah tepat. Surga itu didapatkan melalui ikhtiar. Islam adalah agama yang mengajarkan berkarya, berbuat, bekerja, berikhtiar, dan memberikan maslahat. Kita diperintahkan untuk bekerja keras dan barang siapa yang bekerja keras untuk kebaikan, maupun bekerja keras untuk keburukan, ujungnya sama, manusia akan bertemu dengan Tuhannya.

Surga itu harus “dibayar” dengan amalan-amalan terbaik dan karya-karya terbaik. Hanya amalan saja pun sebenarnya tidak cukup, kecuali jika Allah menaungi kita dengan rahmatnya. Ini merujuk pada hadist nabi,

Amal seseorang tidak akan bisa memasukkannya ke surga. Lalu sahabat bertanya, kalau begitu kita masuk surga dengan apa ya Rasulullah? Rasul menjawab, kecuali bila amal itu dibungkus dengan rahmat Allah.”

Nah rahmat Allah itulah yang mengantarkan kita ke surga. Tapi tetap harus melalui proses hisab. Wallahu’alam bishawab. [ ]

 

BACA JUGA: Amalan Sunah Yang Membawa Ke Surga

 

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

 

(Visited 2 times, 2 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment