Apakah Sah Shalat Yang Selalu Membaca Surat Al Ikhlas?

Muslim Brazil

Assalamu’alaykum. Pak Aam, saya selalu membaca surat Al Ikhlas (Qulhuwallah) dalam setiap shalat, walau sebenarnya saya hafal beberapa surat pendek lainnya. Saya melakukan ini karena saya begitu menghayati surat Al ikhlas ini sehingga dapat khusyu. Apakah yang saya lakukan itu salah dan apakah shalat saya sah? Sebab ada teman yang suka menertawakan. Mohon penjelasannya. (Reza by email)

 

 

Wa’alaykumsalam Wr Wb. Iya Pak Reza dan sahabat-sahabat sekalian, untuk membahasa hal ini coba kita simak kisah di zaman sahabat dimana Anas r.a. berkata, Seorang lelaki Anshar menjadi imam di Masjid Quba, setiap selesai membaca Fatihah, ia selalu membaca Al Ikhlas sebelum membaca surat-surat lainnya, lalu kawan-kawannya berkomentar, “Mengapa Anda selalu membacanya, tidakkah Anda bosan?” Sahabat itu menjawab, “Sungguh aku tak bisa meninggalkannya. Kalau kalian tidak suka aku menjadi imam karena sering membaca Al Ikhlas, silakan cari imam yang lain.” Namun karena tidak ada orang yang paling baik bacaan Al Qurannya selain dia, akhirnya ia tetap menjadi imam.

 

Ketika Rasulullah saw. berkunjung ke masjid itu, kasus ini diceritakan kepadanya, lalu beliau bertanya kepada lelaki Anshar tersebut,

 

Apa alasan kamu melakukan itu?” “Inni uhibbuha (saya sangat mencintainya).” Jawabnya. Lalu Rasulullah bersabda, “Hubbuka iyyaha adkhalakal jannata (kecintaanmu pada Al Ikhlas bisa mengantarkanmu ke surga).” (H.R. Bukhari).

 

Ucapan Rasulullah Saw., Kecintaanmu pada Al Ikhlas akan mengantarkanmu ke surga,  karena yang melatarbelakangi sahabat tersebut selalu membaca Al Ikhlas yaitu kecintaannya yang mendalam. Kita juga sering membaca Al Ikhlas, tapi latar belakangnya bukan cinta yang mendalam, melainkan karena pendeknya surat tersebut.

donasi perpustakaan masjid

 

Bertolak dari kasus ini, kita bisa mengambil pelajaran bahwa tidak dilarang alias diperbolehkan selalu membaca surat Al Ikhlas dalam setiap rakaat,  apalagi kalau yang melatarbelakanginya adalah karena kecintaan pada surat itu. Dengan demikian shalat Anda tetap sah. Namun alangkah baiknya jika Anda juga berusaha menghafal surat lainnya dan membacanya saat shalat khususnya saat Anda menjadi imam. Wallahu’alam . [ ]

 

BACA JUGA: Adakah Shalat Khusus Di Bulan Muharram

 

Editor: iman

Ilustrasi foto: ap

 

BACA JUGA: Hukum Shalat Ashar Di Waktu Maghrib

 

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected]  atau melalui i Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

 

 

 

(Visited 164 times, 4 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment