Cahaya Kubur Orangtua Berasal dari Anak Shaleh

kubur

Assalamu’alaykum Wr.Wb , Pak Aam. Saya nonton sebuah video, ada seorang ustadz yang mengatakan bahwa orangtua Nabi Muhammad itu disiksa di neraka dan di alam kubur. Sementara saya nonton video Pak Aam bahwa  keshalehan anak-anak itu akan menjadi cahaya kubur bagi orangtuanya. Mohon penjelasannya Pak. ( Rozi by email)

 

 

Wa’alaykumsalam Wr Wb, Rozi dan pembaca yang budiman.  Walau bagaimanapun, kita harus santun kepada Nabi Muhammad SAW juga kepada keluarganya. Apakah orangtuanya Nabi kelak ada di surga atau di neraka, menurut saya itu bukan wilayah kita untuk membahasnya.

Yang perlu kita bahas, bahwa kita sadar betul Nabi Muhammad itu orang yang sangat shaleh dan beliau diberikan otoritas untuk menjadi syafaat (pertolongan) kepada umatnya.

Marilah sahabat dan saudaraku sekalian, kita ini jangan terlalu mudah memvonis seseorang itu akan masuk neraka atau surga, karena hal tersebut bukanlah wilayah kita. Kita hanya perlu melakukan amal shaleh. Ada orang yang di alam kuburnya itu sempit sekali, tapi dalam perjalanan waktu alam kubur orang tersebut menjadi luas. Kemudian orang itu bertanya “kenapa alam kubur saya menjadi luas?” dalam sebuah riwayat diungkapkan bahwa orang itu seperti berada di istana yang bermandikan cahaya, padahal tadinya ia berada di tempat yang sangat sempit. Malaikat berkata “kenapa kamu berada di tempat yang baik, padahal amal kamu itu pas-pasan? Itu karena keshalehan anak-anak kamu”.

Saudara yang dirahmati oleh Allah, kita menjadi anak yang shaleh kelak akan menjadi cahaya kubur bagi orangtua kita. Boleh jadi kita sebagai anak belum bisa melakukan yang terbaik untuk orangtua kita, padahal orangtua kita selalu gelisah kepada kebahagiaan kita. Maka, kita harus berusaha menjadi anak yang shaleh untuk orangtua kita. Wallahua’alam.


Editor : Candra


* Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected] atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment