Tips Membangun Keluarga Sakinah

Keluarga 4

PERCIKANIMAN.ID – – Mempunyai keluarga yang sakinah, mawadah dan penuh rahmah adalah setiap muslim. Namun keluarga sakinah tidak terwujud dalam satu malam. Ia tidak dapat tercipta hanya dengan satu ayunan tongkat ajaib, kemudian pasangan suami-istri akan hidup dalam bahagia, selamanya. Ia juga tidak dihasilkan dari ramuan warisan leluhur yang kemujarabannya telah terbukti turun temurun. Terwujudnya keluarga sakinah diawali dari niat yang tulus ikhlas karena mengharap ridho-Nya dengan jalan berumah tangga dan dibangun dengan landasan keimanan dan ketakwaan.

Berikut beberapa kiat membangun keluarga sakinah yang perlu bahkan wajib kita pahami dan aplikasikan.

Pertama, berusaha untuk menshalehkan pasangan

Boleh jadi, pasangan yang kita nikahi belum seshaleh yang kita bayangkan. Sehingga, jika kita ingin membangun keluarga sakinah, ketika akan berbuat kebajikan, ajaklah pasangan untuk bersama-sama melakukannya. Hal tersebut adalah salah satu cara untuk menshalehkan pasangan dan merupakan sunnah Rasulullah Saw. sebagaimana diterangkan dalam salah satu sabdanya,

Jika kamu membangunkan pasanganmupada saat malam, lalu kamu shalat dua rakaat, makasuami-istri itu termasuk orang-orang yang dikategorikanberdzikir kepada Allah.”

promo oktober

Jadi, siapa pun yang shaleh terlebih dulu, wajib baginya untuk mengusahakan keshalehan pasangannya.Tidak harus selalu suami yang membimbing istrinya. Istripun boleh membimbing suaminya jika memang dia lebih shaleh dan lebih beriman ketimbang suaminya. Yang perlu diperhatikan, menshalehkan pasangan tidak boleh sembarangan, harus dengan bahasa yang baik dan santun, bukan dengan ejekan atau perbandingan.

Betapa banyak pasangan suami-istri yang bertengkar gara-gara salah satunya bermaksud baik, misalnya mengajak pasangannya pada keshalehan, tetapi dianggap sebagai sebuah pelecehan oleh pasangannya karena memang caranya kurang makruf. Maksudnya menyuruh shalat, tetapi jika disampaikan dengan cara yang salah, hal itu bisa dianggap sebagai penghinaan atau menyinggung perasaan pasangan yang boleh jadi tengah mudah tersulut emosi.

 

BACA JUGA: Amalan Muslimah Agar Masuk Surga

 

Satu atau dua kali ajakan keshalehan mungkin tidak akan langsung mengubah pasangan menjadi pribadi shaleh. Namun, jangan menyerah atau pun berputus asa dalam mengajak pasangan pada kebaikan. Ajak dan ajaklah terus dengan cara dan sikap rendah hati. Hindari tidak harus selalu suami yang membimbing istrinya. Istri pun boleh membimbing suaminya jika emang dia lebih shaleh dan lebih beriman ketimbang suaminya. Sikap sombong, merasa diri sudah shaleh karena hanya Allah yang Maha Membolak-balikkan hati. Jangan pernah berhenti untuk mendoakan diri dan pasangan agar senantiasa berada di jalan yang Allah ridhoi. Dalam sebuah hadits, Rasulullah Saw. bersabda,

Ada empat perkara yang bisa membuat kamu bahagia: jodoh yang shaleh, tempat tinggal yang nyaman, tetangga yang baik, dan kendaraan yangsehat. Dan, ada empat perkara yang membuat kamu sengsara: jodoh yang tidak shaleh, tetangga yang buruk akhlaknya, tempat tinggal yang menyempitkan jiwa, dankendaraan yang sering sakit.” (H.R. Ibnu Hiban)

Berdasarkan hadits tersebut, pasangan yang shaleh merupakan salah satu faktor yang dapat membuat kita bahagia. Oleh karena itu, bagi yang sudah menikah,sangatlah penting untuk menshalehkan pasangan. Dan,bagi yang belum menikah, perkara memilih jodoh yang shaleh adalah perkara yang harus menjadi perhatian utama. Kita harus menyiapkan ilmu dan mental untuk bekal ketika sudah menikah nanti, karena pernikahan merupakan ibadah terlama dalam hidup yang menyertai kita hingga ke alam baka. Jika kita salah memilihnya, maka hidup kita tidak akan bahagia, malah akan melelahkan. [ ]

 

*Disarikan dari buku “Insya Allah, Sakinah tulisan Dr.Aam Amiruddin,M.Si

 Buku insya Allah sakinah 1

BACA JUGA: Amalan Anti Galau Bagi Bujang dan Lajang

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixab

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment