Menakar Kualitas Hadis Abu Hurairah

Assalamu’alaykum. Ustadz, apakah benar periwayatan hadis Abu Hurairah tidak begitu sahih dengan alasan  jumlahnya haditsnya banyak, tetapi kebersamaan Abu Hurairah dengan Rasulullah Saw. cukup singkat? (Irfan by email )

 

 

 

Wa’alaykumsalam Wr Wb. Iya Pak Irfan dan sahabat-sahabat sekalian, ini kadang masih diperdebatkan dikalangan kaum muslimin.Hidup Abu Hurairah yang sebentar bersama Rasulullah Saw namun hafalan haditsnya begitu banyak sehingga ada kelompok muslimin yang meragukan kualitas haditsnya.

 

Jadi begini, memang benar bahwa kebersamaan Abu Hurairah dengan Rasulullah Saw relatif singkat dibanding dengan sahabat-sahabat lainnya. Namun, fakta menunjukkan bahwa hafalan hadis Abu Hurairah sangat menakjubkan, beliau hafal lebih dari 5000 hadits. Mengapa bisa demikian? Karena Abu Hurairah sangat intensif mengikuti ceramah-ceramah Rasulullah saw. dan sangat bersungguh-sungguh untuk menghafalkan apa pun yang dilakukan dan diucapkan Rasulullah saw.

 

BACA JUGA: Arti Hadits Tentang Menghalalkan Harga Diri Seorang Muslim

Kebersamaan Abu Hurairah yang relatif singkat, tidak bisa menggugurkan keshahihan hadis yang diriwayatkannya. Shahih atau tidaknya suatu riwayat bukan ditentukan oleh lamanya kebersamaan, namun ditentukan oleh intensitas dan keabsahan dalam proses periwayatan hadits. Banyaknya ilmu pengetahuan yang terserap tidak dapat diukur dengan lama atau tidaknya belajar, tapi oleh seberapa bagus kemampuan intelektualnya.

donasi perpustakaan masjid

 

Abu Hurairah ketika belajar kepada Rasulullah Saw., menghentikan seluruh kegiatannya dan hanya memfokuskan diri pada proses belajar-mengajar bersama Rasulullah Saw. Bahkan, Abu Hurairah pernah minta didoakan oleh Rasul agar mudah menghafal ilmu yang diperolehnya.

 

Nabi Muhammad Saw. pun mendoakannya, karenanya, tidak mengherankan kalau Abu Hurairah r.a. sangat cemerlang dalam menghafal hadis-hadis Rasulullah Saw. Jadi, tidak ada alasan logis untuk menolak hadis Abu Hurairah hanya karena kebersamaannya dengan Rasul Saw. relatif singkat. Hadis-hadis yang diriwayatkan Abu Hurairah r.a. bisa diterima dan diamalkan selama periwayatannya memenuhi standar kesahihan sebagaimana ditetapkan para ahli hadis. Wallahu A’lam. [ ]

 

BACA JUGA: Pentingnya Mengenal Hadits Lemah dan Palsu

 

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected]  atau melalui i Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

 

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment