Adakah Shalat Khusus di Bulan Muharram?

shalat

 

 

Assalamu’alaykum. Pak Aam saya pernah mendengar dari teman kata di bulan Muharram itu ada shalat khusus yang harus kita kerjakan misalnya malam Asyuro dengan shalat 100 rakaat maka dosanya akan diampuni sepanjang hidup jika tidak melakukan syrik. Apakah ada shalat khusus tersebut? Mohon penjelasannya. (Wulan by email).

 

Wa’alaykumsalam Wr Wb. Iya ibu Wulan dan sahabat-sahabat sekalian, memang ada pemahaman seperti yang ibu tanyakan ini dikalangan kaum muslimin. Namun perlu saya tegaskan bahwa dalam Islam itu ibadah khususnya shalat harus ada dalil atau contoh dari Rasulullah Saw. Saat ini kita telah memasuki bulan Muharram selama beberapa hari.

Ada anggapan atau amalan khususnya berkenaan dengan bulan Muharram ini yang tidak ada dalilnya namun ada yang mengamalkannya.Pada bulan ini, shalat tersebut dilakukan empat kali. Secara umum, tujuannya agar diampuni semua dosa yang telah dilakukan pada tahun sebelumnya. Waktu pelaksanaannya adalah sebagai berikut.

  1. Shalat malam tahun baru Muharram (malam 1 Muharram)

Shalat tersebut dilakukan pada malam hari. Jumlahnya adalah 10 rakaat dengan lima kali salam. Pada setiap rakaat, setelah Al-Fātiĥah, dibaca ayat Kursi 10 kali dan surat Al-Ikhlāś 10 kali. Setelah salam, berdoa sambil mengangkat tangan. Isi doa tersebut berupa permohonan ampun untuk dirinya, keluarga, dan orang mukmin. Kemudian, dilanjutkan dengan doa berikut ini

Doa malam tahu baru Muharram b

 

  1. Shalat pada hari pertama bulan Muharram

Pelaksanaan shalat tersebut biasanya dilakukan pada waktu Dhuha. Jumlahnya dua rakaat. Tidak ada ketentuan surat yang harus dibaca setelah Al-Fātiĥah, biasanya surat yang mudah dan pendek. Setelah salam, dibaca doa berikut ini.

donasi perpustakaan masjid

doa ari pertama bulan Muharram b

 

Mereka yang mengerjakan shalat tersebut percaya bahwa dengan shalatnya itu Allah akan memerintahkan malaikat untuk menghancurkan setan yang mengganggu dirinya dan Allah akan meridhai semua tindakannya, memberinya rezeki, dan kemudahan dalam semua urusan.

 

  1. Shalat pada malam 10 Muharram (malam Asyura)

Pada malam Asyura dianjurkan tidak tidur semalam suntuk dan melaksanakan shalat 100 rakaat dengan 50 kali salam. Pada setiap rakaat membaca Al-Fātiĥah satu kali kemudian Al-Ikhlāś tiga kali. Kalau tidak sanggup, cukup melaksanakan empat rakaat dengan dua kali salam. Pada setiap rakaat membaca Al-Fātiĥah satu kali dan Al-Ikhlāś 50 kali. Selesai shalat, membaca doa berikut ini sebanyak 70 kali.

Doa malam Asyuro

 

  1. Shalat pada 10 Muharram (hari Asyura)

Waktu pelaksanaannya antara Zuhur dan Ashar. Jumlah rakaatnya empat rakaat. Pada setiap rakaat membaca Al-Fātiĥah satu kali, ayat Kursi 10 kali, Al-Ikhlāś 11 kali, Al-Falaq dan An-Nās lima kali. Setelah salam, beristighfar 70 kali.

 

Kesimpulannya 4 waktu shalat khusus di bulan Muharram seperti yang saya sebutkan diatas tidak ada dalilnya atau tidak ada contoh dari Rasulullah. Dengan demikian Anda dan kita semua tentu tidak perlu mengerjakannya. Saran saya, tentu dalam memahami Islam kita harus merujuk pada sumber utamanya yakni Al Quran dan Hadits. Belajar atau percaya pada teman tentu boleh sepanjang teman tersebut merujuk pada Al Quran dan Hadits dengan pemahaman sesuai para ulama yang benar. Kalau teman Anda tersebut mengaku bersumber dari Al Quran dan Hadits namun hanya berdasar pemahaman sendiri atau tafsir sendiri dan bertentangan dengan pemahaman ulama shalafusshalih (ahlusunnah wal jamaah) ya Anda tidak perlu mengikutinya.

Untuk lebih jelas tentang pembahasan bab shalat ini Anda dan sahabat-sahabat sekalian dapat membaca buku saya yang berjudul SUDAH BENARKAH SHALATKU? Atau MELANGKAH KE SURGA DENGAN SHALAT SUNNAH dimana di dalamnya ada penjelasan lebih rinci mengenai shalat ini termasuk yang Anda tanyakan ini. Wallahu’Alam. [ ]

 

BACA JUGA: Hukum Celana Diatas Mata Kaki Saat Shalat

 

BACA JUGA: Amalan Sunnah Di Bulan Muharram

 

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected]  atau melalui i Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment