Malu Bahas Hubungan Intim Dengan Pasangan? Begini Panduannya

PERCIKANIMAN.ID – – Pembahasan hubungan suami istri, terutama aktivitas seksual, bukan suatu hal yang baru. Aktivitas yang dalam masyarakat India dikenal dengan istilah Kamasutra ini telah ada sepanjang masa kehidupan manusia. Di Indonesia, hubungan ini setidaknya diwakili relief-relief yang terdapat pada situs Kerajaan Cirebon yang menggambarkan hubungan seksual, dan di sebelah timur kota Solo terdapat candi yang juga menggambarkan hal tersebut. Dalam Islam sendiri, masalah yang menggambarkan hubungan suami istri ini tergambar dalam Al Quran dan hadis, misalnya dalam ayat berikut.

Istri-istrimu adalah (seperti) tanah tempat kamu bercocok tanam, maka datangilah tempat bercocok tanammu itu bagaimana saja kamu kehendaki. Dan kerjakanlah (amal-amal yang baik) untuk dirimu, bertawakalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa kamu kelak akan menemui-Nya. Dan berilah kabar gembira orang-orang yang beriman.” (Q.S. Al Baqarah 2:  223)

Berkaitan dengan masalah seksual, tidak sedikit mayarakat kita yang masih berpandangan bahwa seks bukanlah prioritas penting dalam berumah tangga, yang penting adalah cinta. Bahkan, banyak yang menganggap bahwa seks itu jorok, kotor, atau hal-hal lain yang berkonotasi buruk. Anggapan negatif ini mengakibatkan “orang-orang baik” yang saling mencintai melakukan hubungan seksual dengan cara “biasa-biasa” saja.

 

BACA JUGA: Hukum Ketika Istri Menolak Berhubungan 

 

Pandangan dan anggapan di atas juga menghambat suami istri untuk saling terbuka membicarakan masalah seksual, hal tersebut bisa saja melebar pada kehidupan rumah tangga yang semula dibangun dengan gairah cinta berubah lesu dan “membosankan” sehingga berakhir dengan perselingkuhan dan perceraian. Seks bukanlah hal yang sederhana, ada perbedaan yang prinsip anatra pria dan wanita yang perlu diketahui agar hubungan seksual berjalan dengan sehat.

promo oktober

Satu hal yang pasti, semua berawal dari proses belajar mengenal dan memahami manusia sebagai salah satu ciptaan dari tanda-tanda kekuasaan Allah swt. Karena dengan mempelajari diri sendiri, kita akan lebih mengenal dan memahami tanda-tanda kekuasaan Allah.

 

  1. Kenali Pasangan Secara Adil

Saling mengenal dan memahami adalah salah satu kunci sukses keharmonisan rumah tangga. Pahami bahwa pasangan mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kekurangan itulah yang harus dilengkapi pasangannya.

 

  1. Puji Pasangan Dengan Jujur

Memuji dan menyanjung pasangan akan mendatangkan rasa cinta yang saling memiliki. Namun pujian harus jujur dan bukan sekedar basa basi untuk menyenangkan hatinya saja. Jika ada yang kurang berkenan kata dengan lembut dan bijaksana.

 

  1. Bicarakan Permasalahan Hubungan Pasutri Dengan Terbuka.

Membicarakan hubungan ranjang kadang masih dikalahkan dengan perasaan malu. Sadarilah bahwa anda dan pasangan sudah halal,sehingga tidak perlu malu lagi.Apalagi jika sudah bertahun-tahun hidup dalam satu rumah dan mempunyai keturunan. Namun yang mesti diingat jika ada masalah khususnya masalah ranjang hendaknya diselesaikan bersama dulu sebelum menceritkan atau berkonsultasi dengan orang lain atau ahli.

Dengan saling belajar dan memahami akan memberikan perubahan pandangan dan cara memandang (paradigma) terhadap hubungan suami istri dan seksualitas. Oleh karena itu, sedikit perenungan mungkin diperlukan untuk memahami dan meresapi konsep-konsepnya, kemudian bisa dilanjutkan dengan suatu diskusi terbuka antara suami istri agar terdapat pengetahuan dan pemahaman yang sama terhadap suatu permasalahan. Dan tidak kalah penting adalah mencoba menerapkannya, walaupun secara perlahan. [ ]

 

Disarikan dari buku  Cinta & Seks Rumah Tangga Muslim ,karya dr. Untung Sentosa, M.Kes & Dr. Aam Amirudin, M.Si.

Buku Cinta dan Seks 2

 

BACA JUGA: Hukum Oral Seks Menurut Islam 

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

 

 

REKOMENDASI

Leave a Comment