Trend Muslim Jalankan Syariat Islam Semakin Meningkat

PERCIKANIMAN.ID – – Trend semangat kaum Muslimin kembali ke ajaran agama yakni syariat Islam tidak hanya ditemui di Indonesia, tetapi juga di negara-negara Arab. Tunisia misalnya, sebelum revolusi Musim Semi 2011 merupakan negara Arab bercorak sekular. Aturan negara itu bahkan melarang perempuan mengenakan penutup atau hijab yang menutupi seluruh badan kecuali mata (niqab) yang mereka maknai sebagai bentuk ketaatan terhadap ajaran agama.

“Aku merasa seperti seorang putri ketika berjalan dengan mengenakannya,” ungkap Arije Nasser merujuk ke niqab yang ia kenakan seperti dilansir al arabiya dan bbc belum lama ini.

Namun, pasca revolusi, partai berideologi Islamis berhasil memenangkan hati mayoritas warga Tunisia. Dampak dari kemenangan ini adalah diubahnya peraturan-peraturan pemerintah yang dinilai mengekang kebebasan beragama dan terlalu sekularis.

Kini, perempuan-perempuan “‘arabiyyah wal-jamiilah” itu menikmati kebebasan kembali ke orisinalitas ajaran agama Islam. Imam-imam masjid mengungkapkan shaf-shaf di masjid ketika shalat shubuh pun kian bertambah menjadi lima hingga enam shaf ke belakang. Di jalan-jalan mudah ditemui laki-laki dengan janggut yang dipanjangkan yang sehari-harinya bepergian mengenakan peci.

Agama, telah menemukan tempatnya kembali di hati dan di jalan-jalan di Tunisia. Meskipun demikian, sejumlah kelompok masyarakat, khususnya kalangan feminis, tetap menginginkan Tunisia bertahan dengan sekularismenya. Salah satu tuntutan mereka adalah dilegalkannya pernikahan beda agama, sekalipun tuntutan itu dinilai secara jelas melanggar aturan agama.

donasi perpustakaan masjid

Selain dikawasan Afrika, semangat kaum muslimin juga terjadi di Eropa dan Amerika serta Asia Timur lainnya. Gambarannya, mereka seperti telah menemukan sesuatu yang hilang darinya yang sangat berharga. Hal ini seperti terlihat saat bulan Ramadhan tiba. Menurut para pengamat sosial dan kebudayaan menyebutkan semangat tersebut akan terus meningkat. Tentu ini akan menjadi hal yang sangat menggembiraan ditengah pihak yang tidak suka dengan Islam yang membangun islamphobia.  [ ]

 

BACA JUGA: Menjadi Muslimah Cerdas 

 

Red: admin

Editor: iman

Ilutrasi foto: pixabay

 

REKOMENDASI

Leave a Comment