Hukum Menyantap Makanan di Masjid

Makan di Masjid 1

Assalamu’alaykum .Ustadz, di masjid saya ada kebiasaan kalau sudah pengajian umum, DKM menyediakan hidangan santap malam untuk para jamaah. Kemudian mereka menyantap makanan di masjid. Apakah hal seperti ini dibolehkan? Mohon penjelasannya. (Supri by email)  

 

Wa’alaykumsalam Wr.Wb. Ini seperti sudah menjadi kelazim dalam masyarakat kita khususnya jika di masjid tersebut diselenggarakan acara pengajian atau bisa juga rapat DKM biasanya diakhiri dengan makan bersama. Begini Pak Supri dan sahabat-sahabat sekalian, menurut hadis, ada dua hal yang tidak boleh dilakukan di dalam masjid.

 

Pertama, mengumumkan kehilangan. Misalnya, seorang pengurus masjid mengumumkan di depan jamaah, “Siapa yang menemukan sebuah jam tangan merek X, maka dst…” Ini adalah perbuatan terlarang. Namun kalau mengumumkan penemuan, hal tersebut diperbolehkan, misalnya “Telah ditemukan sebuah kaca mata merek Y, yang merasa kehilangan silakan ambil”, hal seperti ini diperbolehkan. Rasulullah saw. bersabda,

 

Barangsiapa mendengar di masjid orang mengumumkan barangnya yang hilang, maka doakanlah, ‘Mudah-mudahan Allah tidak mengembalikan barangmu, karena masjid tidak didirikan untuk itu.’” (H.R. Muslim)

 

BACA JUGA: Hukum Membawa Anak Kecil Ke Masjid

kalender percikan iman 2018

 

Kedua, melakukan transaksi jual-beli. Rasulullah saw. melarang melaksanakan transaksi jual-beli di dalam masjid, sedangkan kalau transaksi itu dilakukan di luar masjid (di teras atau halaman masjid, misalnya), hal ini tidaklah terlarang. Rasulullah saw. bersabda,

 

Apabila kamu melihat orang melakukan transaksi jual-beli di dalam masjid, maka doakanlah, ‘Mudah-mudahan Allah tidak menguntungkan perdaganganmu!’” (H.R. Nasa’i dan Tirmidzi).

 

Meurujuk pada keterangan di atas, dapat disimpulkan bahwa secara hukum tidak ada larangan menyantap makanan di masjid, asalkan bisa menjaga kebersihannya dan menjaga ada-adab selama di masjid. Wallahu A’lam. [ ]

 

BACA JUGA: Hukum Merokok Di Masjid

 

Editor: iman

Ilustrasi foto: mozaikislam

 

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected]  atau melalui i Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment