Taubat bagi Orang Bertato

gambar tato

Assalamu’alaykum Wr.Wb  Pak Aam, bagaimana jika seorang yang bertato di tangannya melakukan taubat nasuha, apakah tobatnya bisa diterima dan bagaimana syaratnya? Menurut ustadzah yang ada di TV, jika sudah taubat nasuha tato yang di tangan itu tidak apa-apa ketika sholat karena orang tersebut tidak punya biaya untuk menghapus tato tersebut, bagaimana? Mohon penjelasannya Pak. ( Hedi by email)

 

 

Wa’alaykumsalam Wr Wb, Pak Hedi yang dirahmati oleh Allah. Hukum bertato bagi orang islam adalah haram. Tapi, jika anda sudah terlanjur bertato dan sekarang anda mau taubat , ya mohon ampun saja kepada Allah. Apakah tatonya perlu dihapus?

Tidak juga tidak apa-apa, karena ia tidak sama sekali mengganggu sholat. Tato itu tidak menghalangi datangnya air, sebab tinta tato tersebut sudah menyatu dengan kulit. Dengan demikian, orang yang bertato kalau mau bertobat ya tinggal tobat saja dan mohon ampun kepada Allah, dengan cara  meninggalkan hal-hal yang jadi kemurkaan Allah dan berusaha untuk tidak kembali lagi ke jalan yang dibenci oleh Allah. Karena taubat itu intinya adalah berhenti, lalu anda meningkatkan amalan-amalan saleh.

Allah berfirman yang artinya:

“…kecuali orang-orang yang bertobat, beriman, dan mengerjakan kebajikan. Maka, Allah akan mengganti keburukan mereka dengan kebaikan. Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang. Siapa bertaubat dan mengerjakan kebajikan, sesungguhnya ia bertobat kepada Allah dengan tobat yang sebenar-benarnya.” (Q.S.Al-Furqon:70-71)

donasi perpustakaan masjid

Di ayat tersebut, dijelaskan bahwa taubat itu harus disertai dengan amal-amalan saleh. Siapapun diri kita tentu saja sebagai manusia, pasti pernah berbuat dosa. Tapi sebaik-baik orang yang berbuat dosa adalah orang-orang yang menyisakan waktu serta memaksakan diri untuk bertaubat .

Dalam hal ini anda sudah bertato, suka mabuk-mabukan, tidak puasa, tidak sholat. Lalu taubat nya seperti apa? Taubatnya ialah anda harus rajin sholat, rajin puasa, tinggalkan judi, tinggalkan minuman haram. Bagaimana dengan tato? Biarkan saja, karena tato tidak menghalangi kita untuk sholat karena sudah menyatu dengan kulit.

Dan ketika kita taubat sama Allah maka, kita harus yakin Allah akan mengampuni kita, selama pertobatan kita dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Allah berfirman yang artinya :

Katakan, “Hai, hamba-hamba-Ku yang pernah terjerumus dosa! Jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya, Allah mengampuni semua dosa-dosanya. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.  Kembalilah kepada Tuhanmu dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu, kemudian kamu tidak dapat ditolong.  Ikuti sebaik-baik apa yang telah diturunkan kepadamu dari Tuhanmu sebelum datang azab kepadamu secara mendadak, sedangkan kamu tidak menyadarinya” (Q.S.Az-Zumar :53-55)

Jadi, rumus taubat itu berhenti dari dosa, yakin Allah akan mengampuni kita, lalu kita harus kembali ke jalan kebenaran dan berpegang teguh pada ajaran agama dengan mengikuti Alquran dan Assunah. Wallahua’lam.

 

* Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected] atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

(Visited 346 times, 3 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment