Posisi Imam dalam Shalat Berjamaah bagi Akhwat

Muslimah Shalat

Pak Aam, bagaimana posisi imam saat shalat berjamaah bagi akhwat? Jika makmumnya lebih dari satu orang apakah boleh posisi makmumnya sejajar dengan imam? (Istiqamah via email)

 

Memang ada dalil kalau berjamaahnya perempuan itu agak berbeda dengan laki-laki. Di dalam riwayat, Imam Ahmad mengatakan imam dan makmum itu sejajar. Tetapi kalau kita lihat hadis-hadis yang shahih tentang shalat berjamaah, sebenarnya status makmum laki-laki dan perempuan itu tidak ada perbedaan, cara shalat berjamaahnya pun tidak ada perbedaan.  Artinya, ketika makmum itu sendirian, maka makmum sejajar dengan imam di sebelah kanan. Kalau makmum lebih dari satu orang, maka imam ada di depan dan makmum di belakang imam.

Mari kita lihat hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, dari Ibnu Abbas,

“Suatu malam aku bermakmum kepada Rasulullah, aku berdiri di sebelah kirinya…”, lalu Rasulullah menarik Ibnu Abbas dan menempatkannya di sebelah kanan. Ini mengandung makna bahwa ketika shalat berjamaah berdua, posisi imam dan makmum sejajar dan makmum berada di sebelah kanan imam.

Lalu dalam riwayat berikutnya, dari Anas bin Malik, “Aku shalat beserta Rasul berjamaah, aku dan seorang anak yatim berada di belakang Nabi, dan Ummu Sulaim ada di belakang kami.”

Nah, jadi memang kalau makmumnya ada satu perempuan dan dua laki-laki, maka yang laki-laki posisinya persis di belakang imam, dan yang perempuan dibelakang laki-laki. Itulah yang sekiranya shalat berjamaah suami istri, suaminya di depan, dan istrinya dibelakang, jadi tidak sejajar.

Dari riwayat di atas jelas, bahwa sebenarnya cara berdiri imam dan makmum dalam shalat berjamaah, laki-laki dan perempuan sama saja. Ada pun riwayat yang mengatakan kalau imamnya perempuan dan makmumnya beberapa perempuan, itu posisinya sejajar, ini memang ada dalilnya. Tetapi haditsnya lebih lemah dibanding dengan hadist yang jelas mengajarkan tentang cara shalat berjamaah seperti yang saya kemukakan dalam riwayat Imam Bukhari tadi. Wallahu ‘alam bishawab.

Editor : Candra

 

* Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected] atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

(Visited 253 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment