Tips Cantik Yang Syar’i Dengan Kosmetik Halal

hijab musliman

PERCIKANIMAN.ID – – Wanita dan kecantikan adalah dua hal yang saling berkaitan. Setiap wanita pastinya menginginkan kecantikan wajah yang sempurna, bahkan kalau bisa kecantikan itu tetap ada sepanjang masa diwajahnya. Tak heran, banyak wanita yang melakukannya agar tetap cantik dengan mengorbankan waktu dan uang dengan berdandan bahkan hingga melakukan operasi wajah.

Namun bagi wanita muslimah tentunya harus dipahami bahwa kecantikan wajah bukanlah sebuah kesempurnaan diri. Kecantikan yang hakiki akan terpancar dari dalam hati (inner beauty) dengan perilaku dan akhlak mulia. Hati, perilaku dan akhlak mulia akan menjadikannya wanita yang cantik lahir batin sebagai wanita shalihah. Dalam sebuah haditsnya, Rasulullah Saw mengingatkan:

Dunia ini adalah perhiasan/kesenangan dan sebaik-baik perhiasan/kesenangan dunia adalah wanita yang shalihah” (HR. Muslim, Nasa’i, Ibnu Majah dan Ahmad)

Hadist tersebut sengaja dikutip untuk mengingatkan dan menjadi motivasi bagi kaum muslimah khususnya yang telah menjadi seorang istri dan seorang ibu agar terus berjuang untuk menjadi seorang istri yang shalihah dan ibu yang terbaik. Menjadi istri yang shalihah dan dapat membahagiakan suami tercinta insyaAllah akan diganjar dengan pahala dunia akhirat.

 

BACA JUGA: Hukum Berhias Bagi Muslimah

donasi perpustakaan masjid

 

Demikian juga menjadi ibu yang baik akan melahirkan generasi terbaik bagi kelangsungan hidup. Oleh karena itu hendaknya kaum muslimah terus berusaha menjaga penampilan dan merawat diri secara lahir dan batin agar suami tetap senang walaupun kini telah menjadi seorang ibu.

Dalam masalah merawat diri dan penampilan bagi muslimah salah satunya dengan memakai kosmetik.Namun demikian dalam penggunaan kosmetik ini hal yang perlu diperhatikan adalah masalah kehalalannya. Meski kosmetika sendiri bukan barang yang dikonsumsi dan masuk kedalam tubuh namun sebagian ulama tetap mensyarakatkan bahwa hal tersebut tetap harus halal karena bersentuhan dengan kulit.

Halal Itu Wajib Tak Bisa Ditawar

Bagi kaum muslim persoalan halal adalah suatu hal yang wajib dan tak bisa ditawar lagi. Segala sesuatu yang halal tentu baik bagi kesehatan dan kehidupan kita, karena sesungguhnya apa yang dilarang oleh Allah Swt itu untuk melindungi tubuh dari hal-hal yang buruk dan juga kemudharatan.

Halal tidak hanya berkaitan dengan apa yang akan kita makan saja, semua hal harus dipastikan kehalalannya terlebih bagi umat islam. Sebagai umat Islam kita tentu mengerti bahwa halal adalah kaidah syariah yang diturunkan Allah Swt kepada hamba-Nya. Secara tegas perintah Allah Swt kepada umat manusia yang berkaitan dengan kewajiban mengkonsumsi yang halal terdapat dalam Alquran:

Wahai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syetan; karena sesungguhnya syetan itu adalah musuh yang nyata bagimu”  (QS.Al Baqarah: 168)

Sedangkan perintah agar umat Islam menjauhi yang haram terdapat dalam Surat Al Maidah ayat 3 dimana Allah mengharamkan untuk mengkonsumsi jenis makanan yang tercantum dalam ayat tersebut:

Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tecekik, yang dipukul, yang jatuh ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali kamu sempat menyembelihnya.”

Dari kedua ayat tersebut terlihat begitu tegasnya Allah Swt memerintahkan agar kita selalu mengkonsumsi makanan yang halal dan menjauhi yang haram. Adalah tugas kita untuk memastikan segala sesuatu yang akan kita gunakan telah terjamin kehalalannya dan tidak terbatas hanya pada makanan saja termasuk dalam memilih dan menggunakan kosmetika.

Dengan kemajuan teknologi, banyak dari bahan-bahan haram yang dimanfaatkan sebagai bahan baku, bahan tambahan atau bahan penolong pada berbagai produk olahan dalam proses dan pembuatan kosmetika. Akhirnya yang halal dan yang haram menjadi tidak jelas, bercampur aduk dan banyak yang syubhat (samar-samar, tidak jelas hukumnya).

Disinilah salah satu peran penting LPPOM MUI diperlukan untuk melindungi masyarakat terutama umat Islam guna menjamin kehalalan dan keamanan semua produk termasuk kosmetika. Tujuan dari sertifikasi produk halal yang dilakukan oleh LPPOM MUI adalah untuk memberikan kepastian status kehalalan suatu produk, sehingga dapat menentramkan batin para konsumen.

Cantik itu penting tetapi cantik lahir batin jauh lebih penting. Menggunakan kosmetik untuk tetap cantik juga perlu, namun menggunakan kosmetik halal sesuai syariat jauh lebih utama bahkan sebuah keharusan. Saatnya menjadi muslimah yang cerdas dan smart dengan tetap cantik sesuai syariat. [ ]

 

BACA JUGA: Hukum Berhias Dengan Kosmetik Dari Plasenta

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: norman

(Visited 15 times, 4 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment