Bolehkan Shalat Tahajud Tapi Sudah Shalat Tarawih?

Muslimah Shalat

Assalamu’alaykum. Pak Aam, mau tanya, saat bulan Ramadhan, jika sudah shalat taraweh, apa boleh kita shalat tahajud pada malam harinya? (Istiqomah via email)

 

 

Wa’alaykumsalam Wr Wb. Iya Ibu Istiqomah dan sahabat-sahabat sekalian, pertanyaan ini sebenarnya sering kita bahas khususnya saat menjelang atau selama bulan Ramadhan. Ya, tentu kita harus melihat bagaimana Rasulullah melakukan shalat taraweh atau shalat tahajud. Jadi jawabannya bukan bagus atau tidak, tapi apakah Rasulullah melakukan hal itu? dan bagaimana Rasulullah melakukannya?

Didalam riwayat-riwayat yang shahih, diantaranya dalam shahih Bukhari, Aisyah mengatakan: Dari Abu Salamah bin ‘Abdirrahman, dia mengabarkan bahwa dia pernah bertanya pada ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, “Bagaimana shalat malam Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di bulan Ramadhan?”. ‘Aisyah mengatakan,

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah menambah jumlah raka’at dalam shalat malam di bulan Ramadhan dan tidak pula dalam shalat lainnya lebih dari 11 raka’at.” (HR. Bukhari no. 1147 dan Muslim no. 738)

Jadi Rasulullah jika sudah shalat tarawih, ya sudah tidak pernah tahajud lagi. Tapi orang kita ini suka melebihi Rasul. Rumus agama itu bukan bagus menurut kita, tapi sesuai sunnah Rasul. Kalau rumusnya bagus nanti bahaya. Banyak orang yang menjawab persoalan ini dengan kata-kata “Kita harus memperbanyak ibadah, tentu saja kalau anda sudah tahajud lalu anda tarawih, maka ibadah kita banyak.” Nah itu keliru menurut saya, dari segi metodologi. Keliru dari segi cara menerapkan rumus-rumus hukum agama islam. Kalau orang yang belajar ushul fikih ya begitu. Prinsip dari ibadah itu adalah kita menerima apa yang dicontohkan oleh Rasul.

kalender percikan iman 2018

 

BACA JUGA: Hukum Mengeraskan Bacaan Shala Dhuhur

 

Artinya kalau Rasul tidak melakukan jangan bilang bagus. Memang di bulan Ramadhan kita dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, itu betul, tapi bukan berarti menambahi yang sudah Rasul tetapkan. Yang dimaksud memperbanyak ibadah itu, yang biasanya sedekah 50 ribu, sekarang 100 ribu. Yang biasanya baca qur’an sehari satu lembar, sekarang lima lembar, itu yang dimaksud memperbanyak ibadah. Bukannya yang sudah ditetapkan kemudian ditambah-tambahi.

Dengan demikian, kalau anda sudah shalat tarawih, anda tidak perlu tahajud. Kalau anda tidak tarawih, silahkan anda tahajud. Sebenarnya tarawih itu merupakan pembiasaanya bagi orang-orang yang tidak pernah tahajud. Bagi orang yang sudah biasa tahajud sebenarnya tidak tarawih pun tidak apa-apa. Jadi anda shalat isya, sehabis dengar ceramah lalu silahkan pulang, ini jika anda terbiasa tahajud.

Untuk membahasa bab shalat ini saya sudah menulisnya dalam sebuah buku yang berjudul “SUDAH BENARKAH SHALATKU?. Didalam dibahas tentang hukum shalat, bacaan, tata acara dan juga dalil-dalinya jadi insya Allah mudah dipahami. Silakan Anda bisa membaca. Semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishawab. [ ]

 

BACA JUGA: Hukum Menggerakan Jari Saat Shalat

 

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected]  atau melalui i Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

(Visited 1 times, 2 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment