Keutamaan Bulan Muharram Dalam Islam

tahun baru islam

PERCIKANIMAN.ID – – Dalam khazanah Islam selain ada tanggal yang berdasarkan perhitungan matahari (masehi) terdapat juga berdasarkan perhitungan bulan (hijriyah). Bulan masehi dimulai dari Januari hingga Desember sementara hijriyah diawali dari Muharram hingga Dzulhijah. Kedua perhitungan ini mempunyai kesamaan yakni 12 bulan. Bila tahun masehi terdapat sekitar 365-366 hari dalam setahun, tahun hijriyah hanya berjumlah sekitar 354-355 hari. Perbedaan ini disebabkan adanya konsistensi penghitungan hari dalam kalender hijriyah.

Dalam hitungan jam sebentara lagi Ummat Islam akan memasuki tahun baru hijriyah yang jatuh pada 1 Muharram 1439 H atau bertepatan dengan Kamis (21/9/2017).  Lalu apa keistimewan bulan Muharram menurut pandangan Islam?. Dihimpun dari berbagai sumber berikut ini beberapa keutamaan bulan Muharram:

Pertama, bulan Muharam adalah bulan pertama dalam kalender Hijriyah.

Penanggalan hijriyah ini terjadi pada masa pemerintahan Umar bin Khattab. Ketika para sahabat sepakat menjadikan hijrah nabi sebagai permulaan kalender Islam, timbul perseoalan lain di kalangan mereka tentang permulaan bulan kalender itu. Ada yang mengusulkan rabiul awal (sebagai bulan hijrahnya Rasulullah saw ke Medinah). Namun ada pula yang mengusulkan bulan Muharram. Namun akhirnya Umar memutuskan bahwa tahun 1 Islam/Hijriah bertepatan dengan tanggal 16 Juli 622 M.

Kedua, bulan Muharam  termasuk salah satu dari empat bulan yang dijadikan Allah  sebagai bulan haram.

Dalam Alquran, Allah Swt berfirman:

Sesungguhnya, jumlah bulan menurut Allah adalah dua belas bulan sebagaimana dalam ketetapan Allah pada waktu Allah menciptakan langit dan bumi. Di antara bulan yang dua belas itu, ada empat bulan haram. (QS At-Taubah: 36).

 

BACA JUGA: Keutamaan Puasa Senin Kamis

 

Empat bulan terlarang bagi manusia dari total dua belas bulan maka empat bulan yang dimaksud dijelaskan oleh Rasulullah Saw sebagai tiga bulan berurutan dan satu bulan yang terpisah yakni Dzulqaidah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab. Hal ini dijelaskan dalam hadits Rasulullah Saw:

Sesungguhnya zaman itu berputar sebagaimana bentuknya semula di waktu Allah menciptakan langit dan bumi. Setahun itu ada dua belas “bulan” diantaranya terdapat “Empat Bulan” yang dihormati, tiga “bulan” diantaranya berturut-turut Dzulqaidah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab Mudhar, yang terdapat diantara “bulan” Jumada tsaniah dan Sya’ban.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

Ketiga, pada  bulan Muharram ini kaum muslimin disunahkan untuk berpuasa.

Keutamaan puasa sunnah di bulan Muharram ini seperti yang dipesankan Rasulullah Saw sebagaimana yang diceritakan dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda,

Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Muharam. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam.”(HR. Muslim).

 

Keempat, pada  bulan Muharam  terdapat Hari Asyura’.

Hari Asyura (10 Muharam) jika kita melakukan puasa sunnag maka akan menghapus dosa setahun yang lalu. Hal ini seperti yang dipesankan Rasulullah Saw dari Abu Qotadah Al Anshariy, berkata,

Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab, ”Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa ’Asyura? Beliau menjawab, ”Puasa ’Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim).

 

BACA JUGA: Keutamaan Hari Jumat

 

Sebentara lagi kita akan memasuki bulan Muharram yang penuh keutamaan tersebut. Untuk itu sebaiknya kita mempersiapkan diri dengan ibadah yang lebih baik lagi dibanding tahun sebelumnya. Semoga kita dijadikan  hamba Allah  yang dapat meraih keutamaan bulan Muharam dengan melaksanakan ibadah di dalamnya.Selain berpuasa sunnah juga peningkatan ibadah lainnya seperti shalat sunnah sehingga Jangan Hanya 5 Waktu saja yang wajib melainkan tambah dengan shalat sunnah utamanya shalat tahajud.  [ ]

 

Red: ahmad

Editor: iman

Ilustrasi foto: sly

 

(Visited 494 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment