RBM Hadirkan Solusi Masjid Bersih dan Makmur

RBM 1a

PERCIKANIMAN.ID – – Masjid adalah salah satu simbol dan juga tempat ibadah umat Islam. Secara umum masjid dimaknai sebagai tempat ibadah yakni shalat sebagai pengabdian seorang hamba kepada Sang Khalik. Selain tempat ibadah, masjid juga pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan-kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al Qur’an sering dilaksanakan di masjid. Bahkan dalam sejarah Islam, masjid turut memegang peranan penting melahirkan peradaban Islam sebagai pusat aktivitas sosial, ekonomi kemasyarakatan, politik hingga kemiliteran.

Sebagai tempat ibadah, sudah selayaknya jika masjid mempunyai tingkat kebersihan dan kenyamanan yang sempurna. Masjid yang bersih dan nyaman akan dapat melahirkan suasana ibadah yang khusyuk, demikian pula sebaliknya. Dalam lingkungan masyarakat muslim, kebersihan dan kerapian masjid terkadang  masih jauh dari suasana nyaman.

promooktober1

Hal inilah salah satu yang melatarbelakangi Yudi Hadiansyah dan kawan-kawannya berinisiatif membentuk dan mendirikan komunitas Relawan Beberes Masjid (RBM) medio April 2017 di Kota Bandung.  Menurut Kang Yudi, demikian ia akrab dipanggil, komunitas RBM terbentuk dari beberapa kalangan yang keberadaannya disatukan atas kesadaran visi untuk memanfaatkan di setiap kesibukan.

“Pastinya setiap orang mempunyai waktu dan kesibukan masing-masing namun di antara kesibukan tersebut kiranya dapat kita manfaatkan dengan beberes masjid dimana setiap harinya kita beribadah di dalamnya,”ujar Yudi saat berkunjung ke redaksi Percikaniman Online beberapa waktu lalu.

Menurut Yudi, aktivitas beberes masjid sebenarnya adalah hal yang sederhana dengan biaya murah dan semua orang bisa melaksanakannya. Namun aktivitas sederhana tersebut juga mempunyai dampak yang besar yakni ketika masjid terlihat bersih, wangi dan nyaman maka akan menghadirkan suasana nyaman dan khusyuk dalam ibadah.

“Namun kalau tidak ada yang menggerakkan pekerjaan sederhana dan mudah serta murah pun tidak ada yang melaksanakannya. Untuk itulah, kami dari RBM ini hadir sebagai penggerak saja, membantu masjid-masjid yang perlu dibersihkan. Nah, setelah bersih dan selanjutkanya bisa diteruskan oleh jamaah sendiri,”ungkapnya.

Patut mendapat apresiasi adalah apa yang dilakukan komunitas RBM ini adalah gratis. Artinya, pihak DKM atau jamaah yang masjidnya dibersihkan juga dibereskan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membayar jasa RBM, termasuk juga alat dan perlengkapan untuk membersihkan masjid.

“Awalnya kami udunan untuk membeli alat-alat dan sarana pembersih masjid. Biasanya, masjid yang hendak kami bersihkan disurvei dan dikoordinasikan dulu. Baru setelah oke akan kita bersihkan,”imbuhnya.

Aksi RMB dalam membersihkan dan membereskan masjid
Aksi RMB dalam membersihkan dan membereskan masjid

 

Sejauh ini,  kegiatan beberes dilaksankan hari Sabtu di setiap minggunya. Dipilih akhir pekan karena pada hari kerja para relawan sibuk dengan aktivitasnya.

“Aksi kami ini dibangun dalam suasana yang penuh ukhuwwah,keakraban,persaudaraan, keramahan dan suasana riang. Biasanya kami beraksi pada hari Sabtu mulai pukul 08.00 hingga 11.00 atau menjelang shalat Dhuhur,”jelasnya.

Dalam pelaksanaan di lapangan, tim dibagi dalam beberapa divisi atau unit kerja disesuaikan keahlian masig-masing seperti kebersihan toilet dan wc, kelistrikan dan prasarana ibadah lainnya. Untuk menambah kebersamaan dan keakraban,  di akhir kegiatan para relawan membuat dapur umum dadakan guna menghadirkan hidangan ala kadarnya yang disantap bersama termasuk dengan DKM maupun jamaah atau warga sekitar masjid.

RBM yang sudah berjalan lebih dari 6 bulan ini cukup mendapat respon positif dari masyarakat Bandung dan sekitarnya. Dengan jumlah relawan yang  mencapai lebih dari 50 orang, hingga saat ini RBM sudah membereskan puluhan masjid. Bukan hanya di Kota Bandung, RBM juga sudah mendapat respon dan berdiri di kota Ciamis.

Yudi  berharap, apa yang telah dilakukan teman-temannya yang tergabung di RBM dapat menginspirasi dan memotivasi masyarakat. Intinya, sebagai muslim dapat memanfaatkan waktu dengan sebaiknya mungkin dan menjadi ladang ibadah termasuk dengan terlibat dalam aksi beberes masjid.

“Kami berharap dengan aksi yang sederhana, mudah dan murah ini dapat memberikan dampak positif khususnya bagi keberadaan masjid serta menginspirasi masyarakat dalam merawat dan menjaga kebersihan masjid dilingkungannya masing-masing. Harapan kami, tentu bisa terbentuk komunitas di setiap daerah sebagai salah satu bentuk kesadaran dalam memakmurkan masjid,”ajaknya.

Dalam aksinya RBM ini masih mengandalkan donasi dan partisipasi dari masyarakat. Kedepan, Yudi berharap mempunyai armada sendiri yang khususnya digunakan sebagai kendaraan operasional sekaligus membawa peralatan yang diperlukan untuk membersihkan masjid.

“Kalau tempat wudhu dan toilet nya bersih, insya Allah jamaah pun akan senang dan nyaman. Sebab, kebersihan bisa jadi akan menjadi salah satu daya tarik jamaah untuk datang ke masjid. Yuk jaga kebersihan dan sayangi masjid di sekitar kita,” pungkasnya. [ ]

 

Red: iman

Editor: candra

Foto-foto: rbm

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment