Komunitas Gerak Bareng dan Kodas Kembali Gelar Hapus Tato Gratis

PERCIKANIMAN.ID – – Komunitas Gerak Bareng bersama Komunitas Dakwah dan Sosial (Kodas) kembali menggelar kegiatan penghapusan tato gratis. Acara yang digelar di sebuah kafe di kawasan Cikutra Kota Bandung, Kamis (14/9/2017) ini diikuti puluhan peserta.

Rio Helmy selaku Ketua Kodas menjelaskan, pada awal pendaftaran pihak panitia hanya menerima sekira 30 peserta saja karena keterbatasan waktu dan tenaga medisnya. Namun pada pelaksanaanya, jumlah peserta semakin bertambah bahkan hingga dua kali lipat.

“Sebelumnya atau bulan lalu kita selenggarakan di Masjid Istiqomah dan pesertanya mencapai ratusan, waktunya pun sampai malam. Atas permintaan teman-teman kita coba adakan lagi dan responnya luar biasa,”ungkap Rio.

Meskipun gratis, menurut Rio, para peserta hapus tato tetap harus memenuhi beberapa syarat yang ditetapkan  pihak panitia. Syarat utamanya peserta harus benar-benar memiliki niat yang kuat untuk berhijrah dan meninggalkan masa lalunya dengan mendekatkan diri serta menjalankan ajaran Islam secara sungguh-sungguh.

“Niat ini harus lurus dan benar-benar ingin berhijrah untuk memperbaiki diri. Jangan sampai ikut hapus tato karena niat lain. Syarat yang kedua adalah peserta harus hafal surat Ar-Rahman,”imbuhnya.

donasi perpustakaan masjid

Menurut Rio, hafalan surat Ar-Rahman ini bisa menjadi syarat yang gampang-gampang susah. Bagi peserta yang mempunyai kesungguhan untuk berhijrah maka insya Allah menghafal surat Ar-Rahman menjadi mudah, namun sebaliknya bagi yang tidak bersungguh-sungguh untuk berhijrah maka hafalan surat tersebut menjadi syarat yang berat.

“Selain niat hijrah dan mengfapal surat Ar-Rahman, peserta juga harus mengikuti kajian agama Islam. Jadwal dan tempat kegiatan akan diinformasikan setiap akan ada kajian. Tujuannya agar keimanan peserta semakin kuat dengan mengikuti kajian rutin. Intinya harus ada pembinaan,”sambungnya.

Kegiatan yang diberi nama ‘Tattoo Removal Program to a Better Life’ menggunakan metode laser. Sebelum dilakukan pengahapusan (dilaser) kulit peserta diberi krim khusus yang bertujuan untuk mengurangi rasa sakit (anestesi) dan mempermudah penghapusan.

 

Salah seorang peserta hapus tato, meski terasa sakit seperti terbakar namun demi taubat dan hijrah tetap kuat
Salah seorang peserta hapus tato, meski terasa sakit seperti terbakar namun demi taubat dan hijrah tetap kuat

 

Seperti dihimpun dari berbagai sumber biaya penghapusan tato ini cukup mahal yakni berkisar Rp.200.000; persentimeternya. Hal ini juga tidak sekaligus tato dapat hilang dalam sekali hapus, tergantung tebal tipisnya tato serta kualitas tintanya. Untuk itu tidak heran jika ada orang yang bisa menghabiskan biaya belasan hingga puluhan juta rupiah untuk menghapus tato ditubuhnya. Semakin banyak tato tentunya semakin besar biaya yang harus dikeluarkan jika ingin dihapus.

Apa yang dilakukan Komunitas Gerak Bareng dan Kodas dalam program hapus tato gratis yang berbasis donasi ini tentunya dapat menjadi pilihan bagi yang ingin berhijrah dengan menghapus tato di tubuh.

“Mudahan-mudahan apa yang kita lakukan ini dapat membantu khususnya bagi yang ingin berhijrah dengan menghapus tato gratis dan menjadi sarana ibadah atau amal jariyah bagi kaum muslimin yang ingin membantu mereka dengan cara berdonasi,”pungkasnya.

Zaki dari Komunitas Gerak Bareng dan Funky Muslim yang menjadi inisiator kegiatan hapus tato gratis menjelaskan bahwa kegiatan ini telah berlangsung di beberapa kota besar khususnya di pulau Jawa seperti Jakarta, Bandung, Purwokerto, Yogyakarta, Surabaya dan Denpasar.

“Alhamdulillah sampai saat ini kita sudah bisa membantu sekira 700 peserta yang ikut program hapus tato gratis. Tentu yang belum terlayani masih banyak,”ujarnya.

Dalam waktu dekat, tim program hapus tato gratis akan kembali mengunjungi beberapa kota lain di pulau Jawa. Untuk itu, tim sangat mengharapkan dukungan dan partisipasi dari kaum masyarakat sekalian untuk kelancaran kegiatan tersebut. [ ]

 

Rep & foto: iman

Editor: candra

(Visited 67 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment