Apakah Di Awal Tahun Hijriah Kita Dianjurkan untuk Puasa?

shaum, puasa

Assalamu’alaykum Wr.Wb  Pa Aam, apakah di awal tahun hijriah kita dianjurkan untuk puasa? (anonym by email)

Wa’alaykumsalam Wr Wb, Saudara yang dimuliakan Allah. Sebenarnya tidak ada dalil yang mengatakan anjuran untuk puasa pada awal tahun hijrah. Akan tetapi, jika awal tahun hijriah itu jatuhnya pada hari senin ataupun kamis, sedangkan saudara ingin puasa maka, silahkan puasa dengan cacatan niatnya itu puasa Sunnah senin-kamis. Bukan niat untuk puasa awal tahun hijrah.

Jika ada yang berpendapat bahwa untuk menghargai tahun baru islam, maka penghargaan itu bukan dengan ritual-ritual yang tidak dicontohkan oleh Nabi Muhammad shallallahu’alaihi wasallam.

Jadi di sinilah kalau kita berbicara soal agama itu harus memakai ilmu, jangan sekedar pakai ‘bagusnya’. Itu sebabnya Allah berfirman yang artinya :

Yang mendengarkan perkataan lalu mengikuti apa yang paling baik di antaranya. Mereka itulah orang-orang yang telah diberi Allah petunjuk dan mereka itulah orang-orang yang mempunyai akal.” (Q.S. Az-Zumar [39] : 18)

kalender percikan iman 2018

Ketika kita bicara soal agama, bukan ‘kata’ saya atau ‘kata’ dia. Tetapi, mengikuti apa yang paling baik sesuai dengan Al-Quran dan As-sunnah. Kesimpulannya, tidak ada puasa awal hijrah karena tidak ada dalilnya dan hal ini dikatakan bid’ah.‘Rasullulah shallallahu’alaihi wasallam bersabda :

“Barangsiapa melakukan suatu amalan yang bukan berasal dari kami, maka amalan tersebut tertolak” (HR. Muslim no. 1718)

Wallahua’alam.

 

 

(Visited 3 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment