Bolehkah Tayamum Saat Safar Walaupun Ada Air?

tata cara tayamum

Pak Ustadz Aam, apabila sedang safar bolehkah tayamum sekalipun masih ada air? (Eka via email)

 

 

Saudara Eka dan pembaca, yang menyebabkan tayamum itu, pertama karena sakit, misal anda sedang sakit dan tidak memungkinkan untuk mandi, wudhu, atau kena air, maka silahkan tayamum. Kedua, jika benar-benar tidak ada air. Jika ada air minum namun terbatas, juga boleh tayamum.

Ketiga, ketika safar, jadi safar itu menyebabkan adanya rukhsoh atau keringanan. Keringanan itu adalah jamak atau jamak qashar. Selain itu juga boleh tayamum sekalipun ada air. Contohnya, ketika di pesawat bagi orang yang akan berhaji, maka tidak perlu wudhu di pesawat.

Jadi safar itu menyebabkan anda boleh bertayamum sekalipun ada air. Tapi kalau anda berhenti di rest area yang tempat wudhu nya nyaman, airnya berlimpah tentu yang nyamannya kita berwudhu. Dan misalnya di rest area itu airnya kurang begitu bagus, antriannya panjang dan akhirnya anda bertayamum, tentu saja silahkan anda bertayamum. Wallahu’alam bishawab.

Editor : Candra

* Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected] atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

 

BACA JUGA : TATA CARA TAYAMUM YANG DICONTOHKAN NABI SAW

(Visited 40 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment