Wanita Dari Tulang Rusuk Yang Bengkok? Ini Penjelasannya

pasutri 1

PERCIKANIMAN.ID – – Bagi kaum muslim khususnya muslimah tentunya pernah atau bahkan sering mendengar ungkapan bahwa, “Wanita itu diciptakan dari tulang rusuk laki-laki”. Jika kita telusuri dan kaji lebih dalam ternyata ini bukan ungkapan pujangga atau penyair melainkan nasihat dari pribadi agung dan mulia yakni Rasulullah Muhammad Saw. Hal ini seperti terungkap dalam hadits yang disampaikan oleh Samurah ra,

Wanita itu diciptakan dari tulang rusuk, jika kamu meluruskannya, maka kamu mematahkannya. Jadi, berlemah lembutlah terhadapnya, maka kamu akan dapat hidup bersamanya.” (HR. Al-Hakim)

iklan donasi pustaka2

Kalangan muhaditsin (ahli hadits) menilai bahwa hadits ini shahih sesuai syarat-syarat hadits Muslim. Hal ini juga dikuatkan oleh Adz-Dzahabi dan Ibnu Hibban yang mentetujui bahwa hadits tersebut adalah shahih.

Lalu apa yang dimaksud dengan tulang rusuk laki-laki?. Bukankah setiap manusia diciptakan Allah Swt melalui perantara suami (ayah) dan istri (ibu)?. Menurut keterangan yang dirangkum dari berbagai sumber, seperti yang dikutip dari okezone, menjelaskan bahwa kalimat ‘tulang rusuk’ dalam Islam erat kaitannya dengan suatu hal yang sangat disenangi oleh para lelaki.

Dalam sebuah hadits yang disampaikan Abu Hurairah ra dimana Rasulullah Saw bersabda:

Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, janganlah ia menganggu tetangganya, dan berbuat baiklah kepada wanita, sebab mereka diciptakan dari tulang rusuk dan tulang rusuk yang paling bengkok adalah bagian atasnya” (HR. Bukhari)

 

Buku Muliakan Ibumu 1a

Dalam penjelasan ahli hadits menyebutkan bahwa tulang rusuk yang dimaksud adalah wanita sebagai pendamping hidup laki-laki. Wanita yang tidak sempurna dan masih perlu dibimbing dan dituntun oleh seorang laki-laki. Lebih jelasnya dimana dalam Alquran Allah Swt berfirman:

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia (Allah) menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya.” (QS.Ar-Ruum: 21)

Para ahli tafsir menjelaskan bahwa maksud dari ayat tersebut ialah Allah Swt telah menjadikan hati lelaki cenderung kepada wanita. Namun sebagai manusia yang beradab dalam Islam ada aturannya yakni untuk bisa hidup bersama dalam rumah tangga maka laiki-laki dan wanita diwajibkan untuk menikah. Menikah juga sekaligus meyempurnakan sebagian dari agamanya. Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Hurairah ra dari Rasulullah Saw, beliau bersabda,

Sesungguhnya aku mengkhawatirkan hak dua orang yang lemah atas kalian: anak yatim dan wanita.” (HR. Ibnu Majah)

Maksudnya wanita adalah manusia yang lemah bukan hanya fisik melainkan juga secara psikis. Meski secara fisik ada wanita yang kuat namun tetap lelaki lebih perkasa. Demikian juga secara psikis dimana wanita sering dianggap lemah karena mudah menangis.

Dalam kehidupan rumah tangga seorang pria (suami) sebagai pendamping diperintahkan memperlakukan wanita secara lemah lembut. Tidak boleh dikasari dan dibiarkan berkehendak sesukanya. Dalam nasihatnya Rasulullah Saw bersabda,

Ingatlah, berbuat baiklah kepada wanita. Sebab, mereka itu (bagaikan) tawanan di sisi kalian. Kalian tidak berkuasa terhadap mereka sedikit pun selain itu, kecuali bila mereka melakukan perbuatan nista. Jika mereka melakukannya, maka tinggalkanlah mereka di tempat tidur mereka dan pukullah mereka dengan pukulan yang tidak melukai. Jika ia mentaati kalian, maka janganlah berbuat aniaya terhadap mereka. Mereka pun tidak boleh memasukkan siapa yang tidak kalian sukai ke tempat tidur dan rumah kalian. Ketahui-lah bahwa hak mereka atas kalian adalah kalian berbuat baik kepada mereka (dengan mencukupi) pakaian dan makanan mereka.” (HR. At-Tirmidzi)

Sedikit penjelasan ini memberikan gambaran bahwa seorang wanita baik sebagai anak, istri maupu ibu harus dihormati dan dimuliakan. Adanya anak karena ada seorang ibu yang mengandung, melahirkan, mengasuh hingga membentuknya menjadi anak yang shalih dan shalihah. Jadi marikan kita muliakan wanita terutama ibu. [ ]

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment