Usai Shalat Jumat, Aher Pimpin Aksi Peduli Rohingya

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (Aher) membacakan pernyataan sikap

PERCIKANIMAN.ID – Seruan untuk peduli menggalang solidaritas bagi korban kekerasan dan pembunuhan muslim etnis Rohingya terus digelokan di berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya yang dilakukan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan yang memimpin shalat Jum’at dalam rangkaian agenda Jabar Peduli Rohingya.

Dalam khutbah Jum’atnya, Aher demikian ia akrab dipanggil, menyampaikan bahwa ditengah kebebasan beribadah masyarakat Indonesia, di belahan bumi lainnya masih terdapat  yang belum merasakan kemerdekaan seutuhnya, termasuk dalam ibadah diantaranya kaum muslim Rohingya.

iklan donasi pustaka2

“Hari ini kita sudah merasakan kemerdekaan, namun ada sebagian umat yang belum merasakan hal itu, mereka adalah muslim Rohingya, mereka adalah saudara kita,” ungkap Aher dalam khutbah Jum’at nya, di Masjid Pusdai Jawa Barat, (8/9/2017).

Aher mengingatkan, sudah seharusnya sesama umat manusia saling membantu, terlebih lagi sesama umat Islam. Sebab umat Islam bagaikan satu tubuh, dimana jika ada bagian tubuh yang satu merasakan sakit, maka bagian tubuh yang lain juga ikut merasakan sakit juga.

Sementara jika ada muslim yang lain tidak ada rasa peduli, bahkan tidak terhubung rasa keimanannya maka itu merupakan dosa besar. Apalagi saudara muslim ada yang memerlukan bantuan baik doa, fisik maupun materi.

“Adalah dosa besar manakala keimanan kita tidak terhubung dengan mereka, (muslim Rohingya),” tutur Aher.

Sebab menurut Aher, dalam Islam membantu menyelesaikan persoalan umat manusia merupakan pahala besar ganjarannya disisi Allah. Apalagi yang membutuhkan bantuan tersebut adalah sesama muslim

“Ketika kita membantu mereka maka itu merupakan salah satu tanda tanda keimanan kita, karna manakala kita menyelesaikan kesulitan orang lain maka kita akan ditolong oleh Allah Swt di akhirat nanti,” tukasnya.

Untuk itu Aher berharap, warga Jawa Barat yang hampir 98 persen beriman pada Allah Swt, bisa membantu sodara muslim Rohingya yang merupakan saudara seimannya yang saat ini masih mengalami penyiksaan bahkan pembunuhan.

“Maka kita akan membantu mereka dengan sekuat kemampuan, baik materi, maupun pikiran, apalagi 98 persen warga Jawa Barat adalah mukmin maka sudah sepatutnya kita membantu mereka,” pungkasnya.

Usai melaksanakan shalat Jumat, dilakukan penggalangan donasi untuk muslim Rohingya di luar Masjid Pusdai. Setelah itu Aher kemudian memimpin longmarch dari Pusdai menuju Gedung Sate dan melakukan orasi. [ ]

 

Rep: iman

 

 

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment