Pentingnya Membaca Kembali Isi Buku Nikah

talak, nikah

Assalamu’alaykum Wr.Wb Pak Aam, saat ini suami saya tidak pernah pulang sebaiknya apa yang harus saya lakukan, menunggu atau langsung menggugat cerai? Karena dia selalu menyakiti saya dan anak-anak saya?  (Wi by email)

 

 

Wa’alaykumsalam Wr Wb, Untuk ibu Wi, kalau suami anda tidak pernah pulang, tidak pernah menafkahi. Maka, kalau anda baca buku nikah, sudah dijelaskan di sana ada yang namanya sighat ta’lik atau talak bersyarat. Di sana tertera penyataan  apabila suami meninggalkan istrinya selama 2 tahun berturut-turut, tidak menafkahi anda 4 bulan berturur-turut,  tidak memperlakukan anda secara baik, maka anda bisa mengajukan  gugatan cerai ke pengadilan agama.

iklan donasi pustaka2

Kecuali, sang suami sebelumnya memberitahu kepada anda bahwa dia akan pergi keluarga negeri sekian tahun untuk mencari nafkah untuk keluarganya. Jika jelas tujuannya kemana,berapa lama, maka anda tidak bisa menggugat cerai. Untuk itu, kepada pasangan suami-istri, buku nikah itu tidak hanya untuk disimpan. Akan tetapi pelajari isinya dengan baik.

Hal seperti ini bisa terjadi karena, sebelum menikah kita belum punya ilmu yang benar tentang pernikahan. Banyak bapak-bapak dan ibu-ibu yang rumah tangganya bermasalah, itu sebenarnya awalnya tidak ada ilmu bagaimana menjalankan pernikahan dan rumah tangga yang baik.

Ibarat kata seperti kita mau datang ke suatu tempat yang asing, tentu kita harus tahu seluk-beluknya terlebih dahulu. Berumah tangga itu semacam berpetualangan dengan pasangan hidup untuk sampai ke satu tujuan. Tujuan dari penikahan adalah sakinah, mawaddah, warahmah. Semua itu butuh ilmu, tanpa ilmu maka kita hidup menjadi orang yang sok tahu. Wallahu’alam.

Editor : Candra

 

(Visited 1 times, 3 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment