Mantan Suami Pengangguran dan Ingin Kembali. Dosakah Kalau Saya Tolak?

pernikahan

Assalamu’alaykum Wr.Wb.  Pak Aam, saya berasal dari keluarga yang kurang mampu. Pada saat kuliah, orangtua saya tidak sanggup lagi membiayai saya. Tapi, saya bertekad untuk menjadi sarjana sehingga saya menerima seorang laki-laki yang akan membiayai saya dengan menjadi istrinya. Walaupun hati kecil saya kurang sreg dengan dia. Setelah saya lulus dan bekerja, ketidakcocokan kami semakin terasa sehingga kami bercerai. Saya tidak menuntut harta sedikitpun dari dia. Setelah sekian lama bercerai, mantan suami datang lagi dalam kondisi dia menjadi pengangguran. Apakah saya egois dan berdosa kalau saya tidak mau menerima dia kembali ? ( Indri by email)

 

 

Wa’alaykumsalam Wr Wb, Teh Indri yang di rahmati oleh Allah, kalau sudah bercerai, tentu saja yang berjalan sekarang adalah masalah kemanusiaan bukan kewajiban. Dulu anda boleh jadi pernah dibantu sama mantan suami anda, sehingga anda bisa jadi sarjana. Setelah jadi sarjana, ada ketidakcocokan yang tajam sehingga anda bercerai. Kondisi itu membuat anda dan mantan suami anda berpisah.

iklan donasi pustaka2

Sekarang, mantan suami anda menjadi pengangguran dan ingin kembali lagi kepada anda. Kalau anda tidak mau menerima atau rujuk lagi dosa apa tidak? Tentu saja tidak, karena kita tidak boleh menikah dan rujuk hanya karena kasihan.

Anda harus punya kerangka pikir yang benar, apakah dia layak dijadikan suami ? Karena untuk berumah tangga bukan untuk sehari dua hari tapi untuk seumur hidup. Umpama, saya keliru memberi rumah karena sering banjir, saya bisa menjualnya kembali dan membeli rumah yang lain yang pantas untuk dihuni.

Kalau anda gagal menentukan jodoh, masa harus ganti-ganti jodoh. Bukan seperti itu. Anda harus bisa mendeteksi calon suami yang baik itu bagaimana dan seperti serta yang tidak kalah penting adalah anda harus pandai menangkap peluang-peluang untuk mendapatkan jodoh yang bagus. Karena peluang itu terjadi satu kali tidak pernah berulang. Wallahua’lam.

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment