Tragedi Muslim Rohingya, Persis Jabar Desak Pemerintah Indonesia Usir Dubes Myanmar

Persis Jabar 2

PERCIKANIMAN.ID – – Seribuan massa dari ormas Persatuan Islam (Persis) Jawa Barat melakukan aksi solidaritas untuk muslim Rohingya di depan Gedung Sate Jl Diponegoro Kota Bandung , Senin (4/9/2017). Dalam orasinya mereka menyatakan keprihatinannya akan kondisi muslim di Rohingya Myanmar saat ini, dimana tragedi kemanusiaan kembali terulang dengan banyak kaum muslimin yang tewas oleh perlakuan keji aparat pemerintah Myanmar maupun kelompok anti muslim lainnya.

“Sudah ribuan nyawa kaum muslimin di Rohingya yang mati terbunuh karena kekejaman aparat pemerintah dan kelompok anti Islam. Demikian juga dengan para pengungsi yang jumlahnya mencapai puluhan ribu,”ungkap salah satu orator.

iklan donasi pustaka2

Selain melakukan orasi beberapa peserta juga membentangkan spanduk dengan berbagai ukuran dan pesan kemanusiaan serta keprihatinan seperti: “Selamatkan Saudara Kita Muslim Rohingya, “Stop Killing Muslim in Myanmart,”  Stop Genocide Muslim Rohingya”, “Usir Dubes Myanmar dari Indonesia” dan lain sebagainya.

Selain itu juga dibacakan pernyataan sikap Persis Jabar atas tragedi kemanusiaan terhadap etnis muslim Rohingnya sebagai berikut:

  1. Mengutuk terjadinya kekerasan dan pembantaian yang terstruktur dan sistematis terhadap etnis muslim Rohingya oleh pemerintah dan pihak kemaan Myanmar.
  2. Pembunuhan dan pembantaian yang terjadi di Myanmar khususnya terhadap muslim Rohingya merupakan Crime Against Humanity (Kejahatan Terhadap Kemanusiaan) yang melanggar prinsip Hak Azasi Manusia seperti yang tercantum dalam Declaration of Human Right PBB. Untuk itu PBB dan lembaga yang lainnya harus memberikan sanksi yang tegas dan keras kepada pemerintah Myanmar.
  3. Kepada Pemerintah RI agar dapat berperan lebih aktif lagi serta mendesak pemerintah Myanmar untuk segera menghentikan tindakan biadab kepada muslim Rohingya. Dimulai sikap protes dengan cara pengusiran Dubes Myanmar di Indonesia serta memutuskan hubungan diplomatik dengan pemerintah Myanmar.
  4. Meminta kepada Komite Nobel di Oslo Norwegia untuk menarik kembali Nobel Perdamaian yang pernah diberikan kepada Aung San Suu Kyi, karena terbukti secara mengabaikan dan membiarkan pembantaian dan kejahatan kemanusiaan yang berlangsung di negaranya.
  5. Mengajak kepada seluruh Ummat Islam untuk merapatkan barisan, menjalin ukhuwah guna membantu saudara-saudara kita di Myanmar khususnya muslim Rohingya.
Massa Persis Jabar menggelar orasi di depan pusat perbelanjaan Bandung Indah Plasa (BIP)
Massa Persis Jabar menggelar orasi di depan pusat perbelanjaan Bandung Indah Plasa (BIP)

Selanjutnya massa meneruskan aksinya dengan longmarc menyusuri jalan-jalan protol Kota Bandung. Massa Persis juga menggelar orasi dikawasan pusat perbelanjaan di  Jl.Merdeka Kota Bandung yang menarik perhatian pengunjung maupun para pejalan kaki. Beberapa peserta juga melakukan penggalangan dana untuk saudara-saudara muslim Rohingnya. Aksi ini dikuti oleh beberapa badan otonom, pemuda,mahasiswa serta pelajar dilingkungan Persis. Dalam aksi tersebut juga bergabung puluhan massa dari komunitas Bandung Fighting Club (BFC). [ ]

 

Rep: iman

Editor: admin

 

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment