Hukum Membaca Dzikir dan Shalawat dalam Keadaan Haid

baca alquran

Pak Aam, boleh tidak membaca dzikir dan sholawat dalam keadaan tidak suci? (Endah via email)

 

Para pembaca yang budiman, seorang wanita yang sedang menstruasi tentu saja boleh berdzikir.

Ingatlah (dzikirlah) kepada-Ku, maka Aku akan mengingat kalian. Bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah ingkar” (Q.S. Al Baqarah [2]: 152)

Jadi, tentu saja bagi wanita yang sedang haid boleh membaca Subhanallah, Alhamdulillah, Lailahaillah, Allahu Akbar. Karena yang tidak diperbolehkan saat haid itu shalat, berhubungan intim kalau sudah bersuami, kemudian tidak boleh thawaf, dan puasa, ibadah selain itu silahkan lakukan.

Karena sesungguhnya wanita yang sedang haid juga dianjurkan untuk berdzikir bahkan boleh baca Al-Qur’an.  Ada yang bilang boleh baca Al-Qur’an asal tidak memegang Al-Qur’an.

kalender percikan iman 2018

Sebenarnya tidak apa-apa. Dalam riwayat, Aisyah pernah saat haid membaca Al-Qur’an, lalu ada yang membantah, jika Aisyah tidak sambil memegang Al-Qur’an, itu dikarenakan Aisyah hafal Al-Qur’an. Nah, jika anda tidak hafal Al-Qur’an, maka pegang saja Al-Qur’an, sekarang banyak aplikasi Al-Qur’an untuk handphone.

Jadi sebenarnya, wanita yang sedang haid itu boleh membaca dan memegang Al-Qur’an. Yang dilarang hanya empat hal seperti yang saya katakan tadi diatas. Wallahu’alam.

Editor : Candra

(Visited 187 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment