Hukum Memperbarui Arah Kiblat

arah kiblat

Pak Aam bagaimana dengan update arah kiblat? (Angga via email)

 

 

Tentang memperbarui arah kiblat, tentu saja merupakan hal yang bagus, karena update arah kiblat bermaksud agar arahnya lebih tepat dan akurat. Karena ada kasus di mana sebuah masjid dibangun dengan arah kiblat yang tidak akurat. Ini mungkin dikarenakan teknologi arah kiblat belum secanggih sekarang. Jadi hanya dikira-kira saja dengan melihat arah matahari.

Setelah dua puluh tahun, ternyata posisi kiblat masjid tersebut tidak akurat. Nah, saat ini sudah ada teknologi untuk mengukur arah kiblat seakurat mungkin. Lalu, arah kiblat masjid tersebut diperbarui, tentu itu suatu hal yang bagus.

Allah menyuruh kita mengerjakan shalat menghadap ke Masjidil Haram. Kenapa? Karena inilah kelebihan umat islam. Satu-satunya tempat ibadah yang seragam arahnya cuma islam. Mohon maaf, kalau agama lain kan menghadapnya kemana saja, tapi masjid dimana pun menghadap ke satu titik yang sama.

Jadi, ini merupakan salah satu kelebihan yang harus kita syukuri bahwa umat islam itu tempat ibadahnya sama dimanapun. Contoh lain, shaf sholat juga harus rapi, ini mengandung filosofi penting di mana kita harus menjaga kebersamaan.

promooktober

Apabila ada masjid yang tidak akurat kiblatnya, update saja arahnya. Tidak harus masjid tersebut dibongkar, tetapi tinggal karpet atau sejadahnya saja yang disesuaikan dengan arah kiblat yang benar.

Jangan sampai ada DKM dan orang yang bertengkar tentang hal ini hanya karena pihak DKM beralasan masjid tersebut sudah dibangun puluhan tahun. Karena sekali lagi, meng-update arah kiblat tidak harus membongkar bangunan masjid. Wallahu’alam.

Editor : Candra

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment