Hukum Membaca Mushaf Al-Qur’an ketika Shalat

alquran

Assalamu’alaykum Wr.Wb Pak Aam, ada imam yang selalu membaca mushaf al-quran pada saat membaca surat, terutama ketika shalat subuh. Dia membaca dengan  wajah menghadap mushaf al-quran, bukan menghadap ke tempat sujud. Bagaimana hukumnya? Mohon penjelasannya. (Paps by email)

 

Wa’alaykumsalam Wr Wb , Saudara yang dimuliakan oleh Allah. Ketika kita shalat, mata kita wajib menghadap ke tempat sujud.  Lalu bagaimana kalau kita shalat sambil membaca Al-Quran?

iklan donasi pustaka2

Sepengetahuan saya, ini bisa dilakukan untuk shalat sunnah seperti misalnya shalat tahajud. Boleh saja ketika shalat tahajud, mata kita melihat ke al-quran. Jadi Al-Quran tersebut bisa kita pegang atau diletakkan di depan kita ketika shalat.

Sementara untuk shalat wajib Rasulullah saw bersabda “ baca saja apa yang kamu hafal”. Jadi, jika shalat wajib kita bisa membaca surat yang kita hafal. Misalnya kita hanya hafal surat Al-Ikhlas maka, kita baca saja surat tersebut.

Allah Ta’ala berfirman yang artinya:

Dan bacalah Al Quran itu dengan tartil”. (QS.Muzammil [73]:4)

Isyarat ini menyebutkan bahwa kita boleh memperbanyak bacaan-bacaan quran saat sedang shalat sunnah. Bacaan quran ini, boleh tidak dihafal tetapi dapat menambah bacaan itu dengan melihat dan membacanya. Wallahua’lam.

Editor : Candra

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment